Akhiri pembelajaran dengan PAT

Salah satu upaya mengukur ketercapaian standar aspek pengetahuan peserta didik selama satu tahun yaitu dengan melaksanakan Penilain Akhir Tahun (PAT).  Kegiatan ini berlangsung mulai tanggal 15 Mei sampai 23 Mei 2017. “Sebanyak 548 peserta didik yang terdiri atas 288 kelas X dan 260 orang dari kelas XI telah mengikuti PAT lebih baik daripada tahun sebelumnya,” ujar Waka Kurikulum Dedy Setiawan, M.Pd.

Keunggulan PAT tahun ini (sebelumnya menggunakan istilah UKK) adalah dari segi tata tertib. Peserta didik hadir 10 menit sebelum pelaksanaan ujian agar peserta didik ada kesempatan untuk berdo’a dan mengisi identitas pada LJK. Dengan adanya tata tertib seperti itu kedisiplinan peserta didik semakin meningkat. “Tingkat keterlambatan peserta didik menurun hingga 0,36%,” tambah Dedy. Selain itu sebelum bel mengerjakan dimulai peserta didik disarankan ke kamar kecil agar pada saat menegrjakan mereka dapat konsentrasi mengerjakan. Setidaknya upaya ini untuk mengantisipasi tingkat mencontek peserta didik dengan peserta didik lain ketika di toilet.

Keunggulan lainnya, dari segi kualitas soal yang diujikan jauh lebih baik. Hal ini dikarenakan adanya progam telaah soal yang dilakukan oleh masing-masing guru pembuat soal dengan teman  satu rumpun bidang studi. Dengan demikian peserta didik dapat mengerjakan soal PAT lebih nyaman karena sudah tidak adanya ralat soal yang salah dan komunikasi guru dalam rumpun bidang studi juga dapat terbina lebih baik.

Hasil penilaian tidak hanya untuk menentukan tindak lanjut tetapi juga dapat digunakan oleh guru BK dalam memberikan pelayanan konseling. BK siap memantau kemajuan hasil belajar dan membantu secara individual mengalami masalah psikologis atau psikososial.