Asah Minat dan Potensi Siswa dengan Class Meeting Daring

Setelah Penilaian Akhir Semester yang menyita tenaga dan pikiran selesai, ada kalanya perlu melepaskan sejenak dengan kegiatan yang berbeda dan menyenangkan. Menyikapi hal ini SMA Laboratorium UM menggelar Class Meeting yang dimulai pada 10 hingga 12 Desember 2020.  Berlangsung di masa pandemi Covid-19 yang mewajibkan diterapkannya protokol kesehatan maka Class Meeting kali ini dilaksanakan secara daring.  Kepala SMA Laboratorium UM Rosdiana Amini, M.Pd. menyampaikan bahwa class meeting tahun ini dilaksanakan 100% secara daring, untuk kegiatan lomba yang identik dengan perlombaan olah raga diganti dengan E-sport, juga lomba yang dipertandingkan tidak boleh menjadikan siswa bergerombol atau berkelompok, sehingga harus dilaksanakan secara individu di rumah.

Cinta Tanah Air, Anti Narkotika dan Anti Aids, menjadi tema class meeting kali ini.  Lebih jauh, Muh. Khabib Shaleh, M.Pd., selaku Waka Kesiswaan mengungkapkan bahwa Class Meeting ini diadakan sebagai upaya membuka kembali ruang kerja sama dalam tim masyarakat kelas untuk menguatkan jiwa korsa, menghadirkan suasana gembira setelah 10 hari mengikuti PAS, dan mewadahi minat siswa dalam bidang olahraga dan seni.”

Hal menarik untuk dicermati dalam class meeting kali ini adalah mata lomba yang disajikan, yaitu lomba poster tema anti narkoba dan HIV/AIDS, lomba kreasi mascot, lomba cover lagu Rhoma Irama yang syairnya memiliki muatan nilai karakter positif, dan lomba e-sport (mobile legend) secara tim (gabungan perwakilan antarkelas yang ditetapkan) melalui media daring dengan live streaming. Senada dengan hal ini, Khabib Shaleh mengungkapkan bahwa kegiatan lomba secara daring ini juga bermanfaat untuk membangun  kemahiran berkomunikasi efektif dalam mencapai tujuan bersama.

Setelah melewati proses penilaian akhirnya terpilih juara I e-sport, dari Tim 14 (XII IPS 3 dan 4), juara II Tim 2 (X IPA 3, 4, dan 5), kemudian lomba poster antinarkoba juara I, Irvan Shofiyanto (X IPA 3), juara II Hanafis N.N. (XI IPA 4), juara III Akbar Ario S.U. (XII ICP). Selanjutnya, untuk lomba poster HIV/AIDS, juara I Adelia P.R. (XII IPA 2), juara II Irvan S. (X IPA 3), dan juara III Pramesthi A. (XII IBB). Untuk lomba mascot, juara I Aulia N.A. (XII IBB), juara II A. Nawwal A. (X IBB), dan juara III Desembrina A.R. (XII IPS 4). Kemudian lomba cover lagu, juara I Moch. Prima P. (XII IPA 3), juara II Anggoro D. (XII IPA 1), dan Annasa A.F.F. (XII IPS 3).

Lebih jauh, Syaif (XII IPS 4) dari Tim 14, juara I lomba e-sport mengungkapkan proses timnya meraih kemenangan lomba dengan rajin berlatih sparring dan menjalin komunikasi yang baik, selanjutnya Pramesti (XII IBB), peraih juara III lomba poster, menuturkan bahwa keseruan class meeting kali ini adalah semua diskusi dilakukan dari jarak jauh atau daring.  Annasa (XII IPS 3), peraih juara III lomba cover lagu, menambahkan bahwa melalui class meeting ini potensi menyanyinya semakin terasah dan berkembang. (imam/sri)