Bagaimana Cara Manfaatin Waktu Agar Optimal? Bagian 1

Kalo kita bicara soal waktu, bisa jadi itu adalah hal yang paling mewah dan paling mahal yang kita punya selama hidup. Dengan waktu yang kita punya kita bisa gunain buat ngelakuin semua hal dalam hidup seperti maen, baca buku, nonton film, belajar, kerja, cari duit, dst. Nah untungnya, selama kita semua masih tinggal di planet bumi ini, kita semua punya waktu 24 jam sehari dan 7 hari seminggu buat melakukan aktivitas kita – gak kurang dan gak lebih buat semua orang. Nah, tapi kurangnya waktu kita terbatas sementara hal-hal yang kita pengen lakuin gak terbatas. Jadi kita gak akan pernah punya cukup waktu buat ngelakuin semua hal yang kita perlukan.

Tapi terlepas dari keterbatasan waktu yang kita punya, ada aja orang-orang yang jago banget manfaatin waktu yang mereka, sehingga mereka bisa meraih begitu banyak prestasi di usia yang sangat muda, sementara ada orang yang terlalu banyak ngabisin waktu buat hal-hal gak penting. Sehingga waktunya terbuang sia-sia.

1. Kebiasaan Nunda

jangan menunda

Nah, ini dia nih penyakit kronis yang sering banget muncul dan menghantui umat manusia sepanjang jaman. Kebiasaan nunda! Nunda belajar lah, nunda ngerjain tugas lah, nunda bikin PR lah. Bahkan yang lebih parah, diantara kita bahkan memilih untuk bersikap pasif dan nunggu buat disuruh, baik sama orang lain, maupun nunggu disuruh sama keadaan.

2. Ga fokus Waktu Ngejalaninnya

tidak fokus

Nah, masalah berikutnya yang biasa kita temui setelah kita udah bisa niatin diri kita buat belajar adalah gak fokus/gak konsen dalam ngejalaninnya. Jaman sekarang buanyak banget yang bisa ngalihin fokus kita dalam ngerjain segala sesuatu, dari mulai facebook, twitter, bbm, whatsapp, youtube, game, komik, dsb. Jadinya, waktu yang kita udah luangkan buat hal-hal bermanfaat, terkikis juga buat hal-hal yang gak terlalu penting dan cenderung keterusan. Hal ini juga nih yang biasanya bikin kita gak bisa manfaatin waktu secara optimal.

(bersambung ke bagian 2)