Bagaimana Cara Manfaatin Waktu Secara Optimal? Bagian 2

(artikel ini adalah lanjutan dari artikel sebelumnya)

Terus bagaimana cara mengatasi kedua penyakit tersebut? Disini saya akan share sedikit untuk mengatasi masalah ini.

Pertama, apa sih yang sebenernya bikin kita males, gak niat, suka nunda, nunggu disuruh, dan gak fokus? Basically dari yang nyebabin semua itu karena sebenernya kita gak tau apa manfaat yang akan kita dapetin kalo kita ngerjain semua itu. Kita gak bikin tujuan yang sebenernya kita pengen capai. Jadinya ibarat maju tanpa arah dan cuma ngikutin arus doank. Jadinya ya kita gak bakal termotivasi buat ngelakuin itu.

Jika kalian belum tau apa yang kalian ingin lakukan ke depannya, berarti tugas kalian adalah buat nyari tau tentang hal itu. Kalo udah tau, berarti tugas berikutnya adalah membuat perencanaan step by step gimana supaya hal itu tercapai! Untuk bikin perencanaan yang efektif, kita harus balik lagi ke statement kalian di atas, bahwa gak mungkin kita punya cukup waktu buat ngelakuin semua hal yang kita pengen. Makanya kita perlu tau yang namanya prioritas! Nah, dalam pengambilan keputusan sehari-hari biasanya kita dihadapkan pada 4 kategori situasi:

kategori waktu

Nah sebelum kita dalemin satu per satu bagian di atas, ada baiknya kita menyepakati definisi dari “penting” dan “mendesak”, Oke? Definisi yang kita rumuskan untuk pembahasan kali ini adalah:

Penting: Semua kegiatan yang relevan/sejalan dengan visi hidup, obsesi, cita-cita, atau apapun yang jadi tujuan jangka panjang kalian.

Mendesak: Semua kegiatan yang kalo gak dilakukan dengan segera, kalian ga akan dapet kesempatan lain untuk melakukan hal itu lagi.

Oke, saya jabarin satu per satu

  1. Penting dan Mendesak, sesuatu yang tidak terduga terjadi di luar perencanaan. Contohnya: kebutuhan terhadap rumah dan segala harta benda
  2. Penting dan Tidak Mendesak, nah ini dia hal-hal penting yang ngedukung cita-cita, visi hidup, dan obsesi kalian. Contohnya: Baca buku-buku berkualitas, olahraga teratur, belajar banyak hal, bangun koneksi, dll.
  3. Tidak penting dan Mendesak, contohnya: angkat telepon waktu renang, angkat jemuran waktu ujan.
  4. Tidak penting dan tidak mendesak, contohnya: mandi (padahal baru 1 jam yang lalu mandi), gosok gigi sebelum makan, nyabutin rumput

Please ignore bagian 3 dan 4 dan coba kita fokus pada nomer 1 dan 2. Nah, sebisa mungkin segala hal yang penting itu kita arahkan jadi situasi bagian 2, sehingga segala sesuatu yang penting jadi tidak mendesak. Artinya, segala sesuatu yang penting akan terjadi sesuai dengan perencanaan dan persiapan kita.

Siip, segera catat kategori kegiatan-kegiatan kalian, biar waktu kalian yang berharga tidak salah pakai di kegiatan yang tidak penting dan tidak mendesak :D.