Battle Gemu Fa Mire, Tingkatkan Sportivitas

Battle senam Gemu Fa Mire menjadi puncak gelaran classmeeting 2018 (12/12). Berbeda dengan ajang lomba senam pada umumnya, SMA Laboratorium UM menyuguhkan babak akhir lomba senam dengan mempertemukan dua tim yang meraih nilai tertinggi pada babak sebelumnya, yaitu tim gabungan kelas XII IPA 1-XII ICP dengan tim XII IPA 2-XII IPA 3 dalam adu berhadapan langsung. Ketika musik dimainkan, secara bersamaan dalam posisi berhadapan, dua tim menampilkan aksinya. Kostum yang mereka kenakan juga tidak kalah hebohnya, semua bernuansa adat Papua yang eksotik. Battle tersebut pada akhirnya dimenangkan oleh tim XII IPA 1-XII ICP dengan skor 1296, hanya selisih 14 poin dari tim lawan.

Kepala sekolah Rosdiana  Amini, M.Pd. menyatakan lomba ini diikuti oleh seluruh kelas dan dibagi menjadi menjadi 15 tim, termasuk dalam kompetisi futsal dan basket. “Kami sengaja membagi tim diwakili oleh dua kelas,” jelasnya. Tujuannya adalah karena melihat pemerataan jumlah siswa pada masing-masing kelas dan mengajarkan mereka untuk bekerja sama dengan siswa yang berbeda kelas.

Rosdiana menyampaikan sesi yang tidak juga kalah sengit yaitu final basket dan futsal. Tim basket yang terdiri dari gabungan kelas XII IPA 3- XII IPA 4 vs XII IPS 1-3 dimenangkan oleh tim XII IPS 1-3 dengan skor akhir 17-21. Sedangkan untuk futsal pertandingan seru berlangsung antara XII IPA 2-3 melawan XI IPS 3-4 dengan kemenangan tim XI IPS 3-4 dengan skor akhir 3-2. Babak ini cukup seru karena skor yang sama antara kedua tim sehingga dilanjutkan dengan babak adu pinalti.

Kemeriahan Classmeeting 2018 semakin lengkap dengan digelarnya Fotografi dan Story telling bertema nusantara. Pesertanya secara individu mewakili masing-masing kelas. Peserta story telling yang tersaring menjadi 32 menampilkan kemampuan berceritanya dihadapan penonton di lapangan. Setiap peserta melengkapi diri dengan properti yang cukup menarik. Juara I diraih oleh Tasyania (XI IBB 1), posisi runner up diraih oleh Shofia Love (XI IPS 1), dan Dinda Puspa (X IPS 1) harus puas pada posisi ketiga.

“Tidak hanya mengunggulkan prestasi nonakademik saja, namun ada misi pendidikan karakter dalam kegiatan ini,” ungkap Wakasek Kesiswaan Moch. Khabib Shaleh, M.Pd. Menurutnyadengan tema Tanamkan Sportivitas, Gapailah Prestasi, dia mengajak anak-anak untuk untuk bermain dengan jujur dan sportif. “Berani menerima kekalahan dan tetap rendah hati menerima kemenangan,” tambahnya. (sit/vic)