Gandeng BNN Gelar Tes Urin Mendadak

SMA Laboratorium UM benar-benar ingin memerangi narkoba dengan menggelar tes urin bagi 896 siswa (18/2). Bahkan guru dan karyawanpun tidak luput dari tes ini. Kegiatan dengan menggandeng BNN Kota Malang ini merupakan agenda rutin. “Tes urin yang diselenggarakan untuk siswa memang setiap tahun kita adakan,” ujar Kepala Sekolah Rosdiana Amini, M.Pd.

Rosdiana menjelaskan sampai memasuki tahun kelima, sekolah tidak pernah menginformasikan dan memang moment ini diadakan secara mendadak. Termasuk setelah ada perayaan hari-hari besar. Hal itu dilakukan sebagai antisipasi dan wujud nyata memerangi narkoba sekaligus memantau jangan sampai ada yang terlibat. Upaya ini terus dilakukan mengingat bahaya narkoba selalu mengancam bagi siapa saja. “Kami juga turut andil memberikan bimbingan dan pengetahuan betapa narkoba adalah obat berbahaya,” lanjut Rosdiana.

Pengambilan sampel urin dibagi menjadi 4 lokasi. Pot sampel urin diurutkan berdasarkan presensi siswa masing-masing kelas. Tiap lokasi sudah disiapkan petugas jaga dan 12 anggota BNN yang dipimpin langsung oleh Kasi P2M BNN Kota Malang Kompol Badriyah, S.H. Ada tiga zat yang diujikan yaitu benzo, THC, dan amphetamine. “Biasanya ketiga zat itu terkandung dalam ganja, sabu-sabu, inex, dan obat-obatan yang bersifat sebagai penenang,” ungkap Diyah.

Oleh karena itu Diyah sangat mendukung upaya sekolah dalam memerangi narkoba dengan agenda rutin ini karena hampir semua instansi sedang menggalakkan program yang serupa. Instruksi tes urin ini sudah menjadi kewajiban bagi para ASN dan karyawan di lembaga-lembaga pemerintahan. Hal itu termaktub dalam instruksi presiden tentang rencana aksi nasional pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika dan prekursor narkotika tahun 2018-2019.

“Sedikitpun tidak ada wajah-wajah ketakutan yang tersirat pada para siswa, guru, dan karyawan,” jelas Rosdiana. Dikatakannya karena memang mereka bersih sehingga tidak perlu ada yang ditakutkan. Semangat untuk terus memberantas narkoba terutama bagi generasi muda. (nur/vic)