Cipta Kreasi di Tengah Pandemi

Pandemi Covid-19 tak menyurutkan semangat siswa mengasah keterampilannya. Puisi, poster, video sehat, dan video filsafat ketupat, menjadi ajang perlombaan di giat Student Day kali ini. Kegiatan yang dikemas secara daring ini berlangsung dengan penuh semangat dan antusias yang besar dari semua peserta. Terbukti, banyak kelas yang mengirimkan perwakilan melebihi angka minimal yang ditentukan. “Kegiatan ini memang sengaja dikemas secara daring, mengingat protokol kesehatan dari pemerintah harus dilaksanakan guna memutus mata rantai Covid-19,” jelas Rosdiana Amini, M. Pd. selaku kepala sekolah. Menurutnya, kreativitas siswa memang perlu diasah, akan tetapi kesehatan siswalah yang lebih penting di tengah pandemi ini.

Kegiatan yang berlangsung selama satu minggu, terhitung dari tanggal 12-18 Juni 2020, dikonsep berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Peran aktif dari seluruh elemen sekolah di jenjang kelas X dan XI sangatlah besar mensukseskan acara ini.  Pendaftaran dan pengumpulan karya diserahkan kepada masing-masing juri. Selain karya, peserta lomba wajib menyerahkan surat pernyataan keaslian karya yang menyatakan karya tersebut original dan tidak pernah menang di lomba-lomba sebelumnya. M. Khabib Shaleh, M. Pd. selaku ketua pelaksana menjelaskan bahwa surat pernyataan berpengaruh terhadap karya yang dibuat. Pasalnya, siswa mengerjakan di rumah tanpa pengawasan panitia ataupun wali kelas. “Tak hanya kreativitas, akan tetapi kejujuran siswa lebih ditingkatkan dalam Student Day tahun ini,” tandasnya. Sementara itu, pemenang lomba diumumkan melalui akun official Instagram SMA Laboratorium UM pada tanggal 18 Juni 2020.

Lomba cipta puisi, menahbiskan Baruna dari kelas XI IBB sebagai juara 1, Pramesthi dari kelas yang sama sebagai juara 2, Hanafis (X MIPA 4) sebagai juara 3, dan Ziddane (X IPS 4) sebagai juara harapan. Sementara itu, lomba cipta poster, Kevin (XI ICP) tampil sebagai jawara, Granias (X MIPA 1) sebagai runner up, Cahya (XI MIPA 2) sebagai juara 3, dan Dwi Agus (XI IPS 2) sebagai juara harapan.

Beralih ke lomba cipta video sehat, juara 1 diraih oleh Gita dari kelas X ICP, Bagas (X IPS 2) sebagai juara 2, Yushlih (XI MIPA 3) sebagai juara 3, dan Jasmine (XI ICP) sebagai juara harapan. Terakhir, lomba cipta video filsafat ketupat, memunculkan Azizah dari XI MIPA 1 sebagai juara 1, Khoirun Nisa (XI ICP) sebagai juara 2, Roshella (X MIPA 1) sebagai juara 3, dan Faiza (X IPS 2) sebagai juara harapan. (prb/dev/sri)