Ciptakan Pemimpin Tangguh, Berkualiatas, dan Berakhlak Mulia

Kegiatan LDKS 2017 diikuti oleh pengurus OSIS dan MPK periode 2017/2018 yang berjumlah 60 peserta, anggota Dewan Keamanan (DK) sebanyak 13 peserta  dan juga diikuti oleh perwakilan dari masing-masing kegiatan ekstrakurikuler berjumlah 25 peserta. Perwakilan ekstrakurikuler perlu dilibatkan karena pada dasarnya mereka adalah sebuah organisasi kecil yang diharapkan juga mampu memberikan kepemimpinan yang patut dicontoh anggota lainnya.

Kegiatan yang berlangsung tanggal 20 hingga 22 Oktober 2017 bekerja sama dengan Depo Pendidikan (DODIK) BELA NEGARA ini mengambil tema “Membentuk pemimpin yang tangguh, berkualitas, berdedikasi tinggi, serta berakhlak mulia”. Tidak hanya memimpin saja, tapi juga melatih kader-kader pemimpin memiliki akhlak yang mulia sebagai dasar dalam berperilaku.

Dalam LDKS ini peserta mendapatkan materi diantaranya materi proxy war. Peserta diberi wawasan tentang NKRI, bagaimana menjaga NKRI, potensi-potensi yang ada di bumi Indonesia. Wawasan dan contoh kasus agar peserta memiliki gambaran dan upaya menjaga keutuhan NKRI. Setiap pengurus organisasi menciptakan program kerja masing-masing untuk satu tahun ke depan.

Ada sidang pleno dipimpin oleh presidium Rekudio dari kelas XI IPS 1 selaku ketua MPK terpilih dengan masa jabatan 2017/2018. Sidang ini dibagi menjadi 4 komisi yang membawahi masing-masing bidang kerja. Dari sidang pleno ini ditetapkanlah program kerja OSIS, MPK dan DK periode 2017/2018 yang akan dijadikan landasan mereka dalam berkegiatan selama satu tahun ke depan

Para pelatih tidak memberikan materi secara klasikal saja, tepi mereka juga memberikan materi bagaimana bersikap dan berdisiplin dalam lingkungan, bahkan sampai saat makan pun mereka juga mendapat pelatihan. Materi lapangan erat kaitannya dengan pemaksimalan fisik peserta. Mulai dari senam pagi, apel pagi dan malam, serta latihan baris berbaris (PBB). Untuk latihan PBB diberikan dengan tujuan belajar menamakan visi dan misi, bekerja sama untuk menciptakan keharmonisan.

Agar kegiatan LDKS ini semakin berkesan dan diingat, kegiatan ditutup dengan outbond. Tujuan kegiatan ini adalah membina kekompakan dan kerjasama seluruh anggota tim. Semua peserta tampak antusias dan bergembira saat mengikuti kegiatan ini. Sampai tak terasa waktu sudah menjelang siang dan kegiatan harus diakhiri.