Evaluasi JPT dengan Tryout

Berbagai macam upaya dilakukan oleh SMA Lab UM untuk menyiapkan peserta didik menghadapi Ujian Nasional 2018, diantaranya dengan memberikan tambahan khusus mata pelajaran Ujian Nasional yang dikenal dengan program Jam Pelajaran Tambahan (JPT). Untuk mengevaluasi jalannya  program JPT dan mengukur kesiapan peserta didik dalam menghadapi Ujian Nasional maka sekolah mengadakan tryout untuk yang pertama kali. Tryout dilakukan pada hari libur yaitu Sabtu tanggal 4 November 2017 dengan dua sesi. Untuk sesi 1 mapel Bahasa Indonesia dan Matematika sedangkan sesi kedua yaitu Bahasa Inggris dan Peminatan.

Dalam tryout kali ini peserta didik diperbolehkan membawa kalkulator non saintifik guna memudahkan perhitungan. Hal ini sesuai dengan sosialisasi program UNBK yang terbaru bahwa di dalam aplikasi UNBK ada fasilitas kalkulator yang bisa digunakan saat mengerjakan ujian.

Sekolah memberikan penghargaan berupa sertifikat dan hadiah kepada peserta tryout yang memperoleh nilai tertinggi untuk masing-masing kelas. nilai terbaik jurusan diraih oleh Tamara Aureliyah Gita Kartika (XII IBB), Rafida Rahmaniah Sari (XII IPS 2), dan Grace Syamar Vitasyah (XII MIPA 2).

Agar peserta sungguh-sungguh dalam mengerjakan maka hasil nilai tryout akan ditempel pada papan pengumuman yang tentunya dapat dilihat oleh seluruh peserta didik baik kelas XII, XI maupun kelas X. Sehingga diharapkan ada semangat dari semua peserta untuk mendapatkan nilai terbaik.

Selain itu sekolah juga menunjuk “duta JPT” pada setiap kelas. Duta JPT dipilih oleh guru pengajar yang terlibat aktif dalam pelaksanaan JPT. Duta JPT bertugas untuk memberi semangat kepada temannya yang belum menunjukkan gairah dalam mengikuti JPT, mengingatkan di grup kelas tentang pelaksanaan JPT, memberikan teladan bagi peserta didik yang lain untuk lebih semangat mengikuti JPT.