Gelar Bulan Bahasa, Bangun Daya Kreasi Siswa di Tengah Pandemi

Bulan Oktober identik dengan Bulan Bahasa yang bermuara dari peringatan Sumpah Pemuda setiap tanggal 28 Oktober.  Meskipun, pandemi Covid-19 masih belum usai, semangat dan daya kreasi siswa di SMA Laboratorium UM tetap tinggi dan patut mendapatkan apresiasi, hal ini bisa ditangkap dari antusiasme siswa dalam berpartisipasi di berbagai perlombaan dalam rangka memeriahkan bulan bahasa secara daring.  Selaras dengan hal ini, Rosdiana Amini, M.Pd., mengungkapkan,  “Kegiatan perlombaan secara daring memperingati bulan bahasa ini merupakan salah satu wujud kepedulian sekolah dalam menyemarakkan Bulan Bahasa tahun 2020. Kegiatan ini juga dikemas secara daring karena sekolah senantiasa memperhatikan protokol kesehatan di masa pandemi ini.”

Kegiatan Bulan Bahasa ini mewajibkan setiap kelas mengirimkan perwakilannya untuk setiap mata lomba, yaitu lomba cipta puisi, cerpen, baca puisi, presenter, e-mading, pojok bahasa Jawa, dan mendongeng cerita rakyat menjadi sajian lomba di kegiatan yang berlangsung mulai 23 Oktober sampai dengan awal November tahun 2020.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, pelaksanaan perlombaan dalam rangka menyemarakkan Bulan Bahasa tahun 2020 ini dikemas secara daring, oleh karena itu, untuk menjaga kejujuran  peserta lomba, pada mata lomba menulis puisi, cipta cerpen, dan e-mading, peserta wajib menyertakan surat pernyataan keaslian karya.  Seperti yang disampaikan oleh M. Khabib Shaleh, M.Pd., WAKA Kesiswaan bahwa surat pernyataan keaslian karya tersebut penting untuk mengetahui tingkat kejujuran dan tanggung jawab peserta lomba dalam mengikuti perlombaan di bulan bahasa ini. Selain itu, surat pernyataan keaslian karya ini dibuat karena proses pembuatan karya yang dilakukan di rumah, bukan sekolah. Sehingga wali kelas tidak bisa memantau proses pembuatan secara langsung.”  Selanjutnya, pengumuman pemenang perlombaan ini akan diumumkan di akun resmi instagram SMA Laboratorium UM dan juga melalui wali kelas masing-masing.

Pada akhirnya, hasil perlombaan untuk memperingati Bulan Bahasa dapat merekrut juara 1 sampai dengan 3, untuk cabang perlombaan menulis cerpen, menahbiskan Hana Kusuma (XI IBB) sebagai juara 1, Aris Dany (XI IPS 4) sebagai juara 2, dan Laila Ramadhani (X IBB) sebagai juara 3. Erryna F (X MIPA 1), Azzahra (XII ICP), dan Salwa Faradila (XII IBB) menyusul di juara harapan 1 sampai 3.

Kemudian pada cabang perlombaan kedua yaitu baca puisi, juara 1 direbut oleh Shafa (XI IPS 4), disusul Alisya (X MIPA 5), dan Iis (XI IPS 4) sebagai juara 3. Juara harapan 1 sampai 3 diraih oleh Baruna (XII IBB), Rania Rizka (XII IPS 4), dan Mutiara (X MIPA 3).

Sementara itu, untuk cabang lomba menulis puisi. Juara 1 direngkuh oleh Rangga (XI IPS 2), juara 2 yaitu Farah Fathin (XI MIPA 3), dan Pramesthi (XII IBB) sebagai juara 3. Charisma (XI MIPA 1), Aulia (XI ICP), dan Desfian (XII IPS 1) menyusul di belakang sebagai peraih juara harapan 1 sampai 3.

Selanjutnya, lomba keempat adalah e-mading yang merupakan lomba tim. Satu tim terdiri dari 3-5 peserta dalam satu kelas. Pemenang untuk lomba ini adalah kelas XII ICP sebagai juara 1, XII IPS 4 sebagai juara 2, dan XI MIPA 4 sebagai juara 3. Kelas berikutnya yang meraih juara harapan 1 sampai 3 adalah XII IBB, XII MIPA 4, dan X IPS 2.

Beralih ke lomba individu, yakni mendongeng cerita rakyat, Dinda Puspa dari XII MIPA 4 berhasil menjadi juara 1, disusul oleh Dinda Radnya (XII IBB) sebagai juara 2, dan Rosydatul (XII IPS 4) sebagai juara 3. Lelong Jasmine (XII ICP), Clairina (X IBB), dan Wanda (XI MIPA 1) mengekor di belakang sebagai juara harapan 1-3.

Yang unik dan  menarik perhatian adalah Pojok Bahasa Jawa, lomba ini dikemas dengan bentuk pidato menggunakan bahasa Jawa sebagai wujud untuk melestarikan bahasa daerah. Pemenang lomba ini adalah Khoirun Nisa (XII ICP) sebagai juara 1, Vylla Amel (XII IBB) sebagai juara 2, dan Yulia (X MIPA 5) sebagai juara 3, Luberta (XI MIPA 3), Mutiara (XI IBB), dan Larasati (XI MIPA 4) sebagai juara harapan 1-3.

Lomba terakhir adalah presenter, Nizam (XI IPS 4) ditahbiskan sebagai juara 1 disusul oleh Nizar (X MIPA 4) sebagai juara 2, dan Qorina (XII IPS 4) sebagai juara 3. Juara harapan 1-3 diraih oleh Priscilla (XII ICP), Essel (XII MIPA 2), dan Arfan (XI ICP).  Sementara itu, di akhir perlombaan juga memastikan bahwa kelas XI MIPA 4 berhasil menjadi juara umum untuk perhelatan lomba di bulan bahasa 2020 ini. Disusul oleh kelas XII IBB sebagai juara umum ke-2 dan XII ICP sebagai juara umum ke-3. (prb/sri)