Gelar Pilketos Sistem E-Voting

Masa pandemi membuat seluruh pihak lebih ‘bersahabat’ dengan teknologi komunikasi dan informatika. Tak terkecuali untuk momentum pemilihan ketua OSIS (Pilketos) seperti diselenggarakan oleh SMA Laboratorium UM. Antusias siswa menyambut e-vote kali ini begitu besar. Bahkan hampir seluruh civitas ikut menyimak saat debat calon ketua OSIS,Selasa (13/10), yang dihelat live report pada youtube. “Penonton bisa memberikan pertanyaan dalam live chat pada tayangan tersebut,” ungkap Kepala Sekolah Rosdiana Amini, M.Pd.

Menurutnya di masa pendemi ini ruang gerak siswa cukup terbatas. Tapi upaya menyediakan sarana aspirasi merupakan kewajiban sekolah untuk mewadahi. OSIS dan organisasi lainnya harus tetap berjalan. “Dengan lahirnya sosok pemimpin siswa di masa seperti ini, harapan saya bisa menjadi titik pencerahan bagi siswa-siswa lainnya untuk tetap optimis dalam belajar dan menunjukkan kompetensi diri yang lebih berkualitas” tambahnya.

Sampai pada puncaknya, terpilihlah Dihan Asnafin Fadilla dari kelas XI MIPA 4 sebagai Ketua OSIS terpilih masa bakti 2020/2021. “Saya bertekad menjadikan OSIS sebagai organisasi yang progresif dan dinamis walaupun tengah masa pandemi,” ujar Dihan. Tekad tersebut Dihan tunjukkan dalam program kerja yang siap diwujudkan dalam satu tahun masa jabatannya.

Rosdiana menambahkan, rangkaian pilketos daring dilanjutkan dengan diklat Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) yang bekerja sama dengan Pusdik Arhanud, Karangploso. Pelaksanaan LDKS tetap memberlakukan protokol kesehatan mulai dari persiapan sampai penutupan. “Calon pemimpin harus mau berkorban dan berani ambil risiko termasuk tes rapid sebagai syarat utama menjaga kesehatan diri dan lingkungan” pesan Wakil Komandan Pusdikarhanud Kolonel Arh. Dodo Irmanto, S.I.P., M.Si.pada saat membuka kegiatan ini. (nur/vic)