Kemah Blok Guncang Coban Rondo

Malam yang dingin di Bumi perkemahan Cobanrondo menjadi semarak dan meriah, terdapat api unggun dan panggung yang menampilkan drama, operet, manyanyi, menari dan dance. Sebanyak 322 peserta didik kelas X SMA Laboratorium UM melaksanakan kegiatan kemah blok (20/9). Peserta tampak begitu antusias, karena kegiatan pentas seni ini dilombakan dan juara 1, 2, dan 3 akan mendapatkan hadiah uang tunai sekaligus mendapatkan nilai A untuk ekstrakurikuler pramuka.

“Ini merupakan kegiatan kemah pertama yang dilakukan di Cobanrondo,” papar kepala Sekolah Rosdiana Amini, M.Pd. Rosdiana menyampaikan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah memperkuat karakter building dari peserta serta menumbuhkan semangat kebersamaan dan kerjasama antar peserta siswa X SMA Laboratorium UM.

Rosdiana berpesan agar peserta menaati semua peraturan yang ada, dan mengikuti semua arahan diberikan oleh pemateri. Masing-masing kelompok diharuskan membuat yel-yel yang dapat mempererat kekompakan dan kerjasama serta mengharuskan peserta untuk berfikir cepat. Peserta juga melaksanakan out bond yang melatih kekompakan, strategi, kerjasama tim. Selain materi lapangan, peserta juga mendapatka materi tentang kepramukaan yang meliputi prinsip dasar kegiatan pramuka, sejarah kepramukaan, problem solving, serta kepemimpinan. Selama berkegiatan, peserta tetap melaksanakan sholat 5 waktu secara berjamaah.

Selain kemah, peserta juga melaksanakan bakti sosial yang ditujukan kepada warga di sekitar. Upacara penutupan dilaksanakan setelah peserta bakti sosial dan bersih lingkungan perkemahan. Pada upacara penutupan diselingi dengan acara penyematan tanda wings bagi anggota dewan ambalan SMA Laboratorium UM.