Kenalkan Soal AKM pada PAS

Dalam upaya memutus penyebaran Covid-19, SMA Laboratorium UM melaksanakan Penilaian Akhir Semester (PAS) secara daring pada 30 November sampai 8 Desember 2020. Ujian daring ini untuk kedua kalinya. Pengalaman pertama yakni saat siswa melaksanakan Penilaian Akhir Tahun (PAT) pada bulan Juni 2020 lalu. “Dengan demikian, anak-anak akan lebih aman dan masih tetap mendapatkan haknya sebagai siswa,” jelas Kepala Sekolah Rosdiana Amini, M.Pd.

Mencermati hal baru dalam PAS kali ini, siswa mulai diperkenalkan soal Asesmen Kompetensi Minimum (AKM).  Waka Kurikulum, Deddy Setiawan, M.Pd menjelaskan bahwa soal AKM merupakan penilaian komprehensif untuk mengukur kemampuan siswa dalam mengolah informasi dan kritis.  “Sudah ada wacana dari pemerintah tentang pergantian UN menjadi AKM, jadi sekolah harus menyiapkan siswa mulai sekarang menghadapi soal sekelas AKM. Untuk mendukung hal ini, guru kami sudah mendapat pelatihan pembuatan soal AKM,” ungkap Deddy.

Sementara itu, hasil evaluasi kegiatan PAS menunjukkan data kehadiran siswa secara daring per hari rata-rata mencapai 99.9 persen. Hal ini memberikan membuktikan siswa antusias mengikuti PAS dengan beberapa soal AKM yang memiliki tantangan tersendiri dalam proses menemukan jawaban yang benar.

Lebih lanjut, PAS kali ini mengusung tagline prestasi penting, jujur lebih utama. Tagline ini memotivasi  siswa mengerjakan ujian dengan disiplin, jujur, dan sungguh-sungguh. Seperti yang diungkapkan Firmansyah Nurhakim dari kelas XII IBB, “Kewajiban memakai seragam selama kegiatan PAS walaupun dilaksanakan secara daring membuat saya terdorong untuk menjaga sikap tertib dan bantuan walikelas yang selalu mengingatkan untuk bersiap login, sangat membantu saya untuk memulai mengerjakan PAS dengan tepat waktu,” terangnya.

Panitiapun menyiapkan PAS susulan bagi siswa yang mengalami masalah listrik padam, koneksi internet tidak stabil, gawai dan laptop yang lowbat, serta siswa yang tidak sengaja keluar sendiri dari media daring.  Namun demikian, dengan bantuan peran walikelas dalam memotivasi dan mengingatkan siswa, semua kendala tersebut dapat diminimalkan. (dya/dev/sri)