LDKS Cetak Pemimpin Baru

Selama 3 hari, 99 siswa SMA Laboratorium UM mengikuti Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS). Mereka dibina dan ditempa kedisiplinan di Dodikjur Rindam V Brawijaya. Acara yang dimulai sejak Rabu dan berakhir Jumat ini memberikan banyak pelajaran (19/10). Setidaknya mereka membawa misi baru. Yakni  menjadi pemimpin lebih baik dan memberikan manfaat kepada organisasi yang dikutinya.

Wakasek Kesiswaan Moch. Khabib Shaleh, M.Pd menyatakan LDKS ini wajib diikuti oleh anggota OSIS, MPK, Dewan Keamanan, dan perwakilan dari masing-masing ekstrakurikuler. “Agar setiap anggota pengurus organisasi siswa yang ada di SMA Laboratorium UM memiliki jiwa kepemimpinan yang demokratis dan visioner,” ujarnya. Selanjutnya dia berpesan agar mereka segera menerapkan sikap kedisiplinan yang sudah ditempa selama mengikuti kegiatan ini.

Ada satu hal yang menarik pada LDKS kali ini. Peserta diberi suguhan penayangan film G30S/PKI yang memberikan pelajaran bahwa bahaya yang mengincar bangsa bisa datang darimana saja. Semua peserta mengikuti dengan khidmat dan tidak mengenal lelah walau kegiatan yang diikuti begitu padat. Antara lain mereka memperdalam wawasan kebangsaan, kepemimpinan lapangan, proxy war. Bahkan mereka juga dilatih baris berbaris dan dilibatkan dalam permainan outbond.

“Anda semua yang ada di sini adalah generasi penerus bangsa yang kelak akan memimpin bangsa ini. Manfaatkan kesempatan yang berharga ini untuk menimba ilmu, belajar menjadi calon pemimpin yang bijak, tegas, dan disegani,” begitu pesanLetkol. Inf. Moh. Rifa’I, S.Sos., M.A.P selaku Dandodikjur Rindam V Brawijaya. “Jaga jiwa korsa, jaga semangatmu. Buang hal buruk yang kalian bawa kemari dan bawa pulang hal yang baik setelah dari sini” tambahnya. (bdl/vic)