Memaknai Idul Adha di Masa Pandemi

Kegiatan Idhul Adha tetap dilaksanakan walau di tengah pandemi COVID-19 (3/8). Penyembelihan hewan qurban yang dilaksanakan di Rumah Pemotongan Hewan (RPH) Kota Malang, dikemas dalam 442 besek dan didistribusikan kepada masyarakat yang terdampak pandemi. “Tahun ini, SMA Laboratorium UM menyembelih 2 ekor sapi sebagai bentuk pelaksanaan qurban,” ungkap Rosdiana Amini, M.Pd. selaku kepala sekolah.

Sementara itu, M. Khabib Shaleh, M.Pd. selaku Ketua Pelaksana menjelaskan bahwa makna Idul Adha tahun ini adalah berbagi kepada sesama, sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah atas kepercayaan masyarakat pada penyelenggaraan pendidikan di SMA Laboratorium UM. Ibadah qurban memiliki keutamaan yakni mengharap perlindungan Yang Maha Kuasa dalam menolak segala kemudharatan, serta mengharap keberkahan rezeki, kesehatan dan ketenangan jiwa. “Rasa syukur ini, akan menambah dan memberikan keberkahan dari jalan yang tidak disangka-sangka dari Allah SWT,” tandasnya

Kegiatan Idul Adha di masa pandemi ini terasa begitu istimewa. Semua warga sekolah bisa merasakan berbagi kepada sesama. Tak hanya diberikan di sekitar lingkungan sekolah, akan tetapi juga di luar sekolah. Daging qurban didistribusikan oleh Bapak Ibu Guru dan karyawan SMA Laboratorium UM. Rosdiana menambahkan bahwa ini amanah dari panitia sebagai bentuk kepedulian dan kecintaan warga sekolah akan peringatan Idhul Adha. “Sesuai dengan amanah yang diberikan, daging qurban dibagikan kepada warga yang membutuhkan di sekitar wilayah tempat tinggal Bpak dan Ibu guru serta karyawan,” pungkasnya. (fir/fie/sri/dev)