Meyongsong Ujian Nasional Melalui JPT

Kegiatan Pembelajaran Tambahan (JPT) memiliki manfaat yang positif bagi guru dan peserta didik. Guru bisa lebih terampil menyusun dan mengembangkan materi dan soal-soal latihan  yang sesuai dengan kisi-kisi UN  dan Standar Kompetensi Lulusan. Sedangkan bagi peserta didik kelas XII, manfaat yang didapatkan antara lain: (1) mempersiapkan diri menghadapi Ujian Nasional tahun pelajaran 2016/2017 baik kesiapan kemampuan kognitif maupun kesiapan mental, (2) terlatih dan berpengalaman menjawab latihan-latihan soal dengan tipe soal yang beragam melalui kegiatan bimbel harian maupun di tryout UN, (3) mendiagnosa sejak dini kesulitan belajar yang dihadapi pada mata pelajaran Ujian Nasional, serta (4) meningkatkan percaya diri dan kemampuan dalam menjawab soal UN.

Strategi yang diterapkan adalah metode “drill soal” dan pembelajaran ”tentor sebaya”. Peserta didik yang berkemampuan akademik tinggi menjadi tentor sebaya bagi peserta didik yang berkemampuan akademik rendah. Pada saat mengerjakan latihan soal, peserta didik untuk berdiskusi menyelesaikan latihan soal yang terdapat di modul. Kemudian dilanjutkan dengan sesi pembahasan soal dan tanya jawab.

Yang berbeda dari pelaksanaan JPT tahun pelajaran 2016/2017 daripada pelaksanaan tahun sebelumnya adalah adanya pengisian angket guru oleh siswa. Angket diisi oleh masing-masing peserta didik dan dikumpulkan pada setiap akhir kegiatan JPT dan dipergunakan untuk mengevaluasi pelaksanaan JPT di kelas. Hasil angket yang diperoleh dijumlahkan dan dibuat skor untuk menentukan klasifikasi kriteria guru pengajar.

Selain pembimbingan dan latihan soal harian, program lain dari JPT adalah menyelenggarakan try out Ujian Nasional. Selama kurun waktu bulan September hingga Desember dilakukan try out sebanyak 2 kali. Soal  yang diujikan dalam kegiatan tryout dibuat oleh guru SMA Laboratorium dan merupakan pengembangan kisi-kisi soal UN yang terdapat pada SKL. Bagi peserta didik peraih nilai try out tertinggi dari masing-masing program IBB, MIPA dan IPS mendapatkan reward berupa sertifikat dan uang pembinaan dari sekolah.

Adapun daftar nama siswa peraih nilai tertinggi pada try out I dan II dalah sebagai berikut:

try-out

Hasil Try Out dilaporkan secara tertulis kepada orang tua peserta didik. Selain sebagai bentuk pertanggungjawaban sekolah terhadap orang tua, pelaporan ini juga memberi kesempatan kepada orang tua untuk senantiasa melakukan monitoring dan diagnose sejak dini terhadap kesulitan belajar putra-putrinya terutama dalam mempersiapkan pelaksanaan UjianNasonal.