Mustegak Jadikan Pioneer Perubahan

Penyematan lencana 24 pengurus dewan ambalan baru oleh Gerakan Pramuka Gudep 01803/01804 pangkalan SMA Laboratorium UM berjalan cukup khidmad (10/11). Namun acara ini tidak hanya berakhir begitu saja karena  dilanjutkan dengan acara yang lebih penting dan menarik yaitu upacara  adat ambalan yang cukup unik. Yaitu dengan menyiramkan air bunga  pada peserta yang dilantik, dilanjutkan dengan acara makan makanan adat yaitu kue lapis  dan minuman adat jahe hangat yang merupakan simbol dari kesepakatan adat pramuka SMA Laboratorium UM bahwa para peserta tersebut resmi menjalankan tugasnya sebagai ketua dan pelaksana pramuka dewan ambalan periode mendatang.

“Dengan Mustegak kita jadikan Pramuka SMA Laboratorium  UM sebagai  pioneer perubahan positif”, pesan Kepala sekolah Rosdiana Amini, M.Pd dalam sambutanya. Menurutnya mustegak tahun ini harus menghasilkan pramuka ambalan yang lebih baik dari sebelumnya. Selain itu juga memiliki program yang lebih unggul yang bisa membawa pramuka SMA Laboratorium UM. Sehingga dalam melaksanakan  setiap kegiatan. “Pramuka harus selalu didasari oleh semangat Trisatya dan Dasadarma,” tambahnya.

Kegiatan mustegak selain memilih pemimpin dan kepengurusan baru juga  membekali peserta  dengan materi diklat kepemimpinan yang merupakan bekal bagi semua peserta pramuka ambalan agar lebih berani menghadapi tantangan kedepannya.

Dalam rangkaian kegiatan mustegak disajikan  acara yang cukup unik yaitu makan malam bersama dengan nasi tumpeng. Selain bisa menikmati kebersamaan  juga menjalin keakraban antar peserta, alumni, pembina dan panitia pelaksana. (sil/vic)