Mustegak Tumbuhkan Generasi Tangguh

Gerakan pramuka Gudep 01803/01804 pangkalan SMA LABORATORIUM UM telah mengadakan program tahunan dewan ambalan berupa Musyawarah Pramuka Penegak (Mustegak). Setidaknya ada 50 orang yang terdiri dari beberapa unsur, yaitu anggota dewan ambalan periode 2016-2017, Pembina, mabigus, pembina pendamping dan wakil dari masing masing jurusan yaitu: scotsar, BP, pecinta lingkungan, kewirausahaan, lerdership dan KIR. Kamabigus (Kepala Sekolah) dalam sambutannya berharap agar pelaksanaan Mustegak ini dilaksanakan dengan sebaik-baiknya dan penuh tanggung jawab.

Terdapat tiga pembahasan penting, yaitu meminta laporan pertanggung jawaban dari dewan ambalan masa bhakti 2016-2017, memuswarahkan program kerja dewan ambalan, dan membentuk pengurus dewan ambalan masa bhakti 2017-2018. Hasilnya, ketua dewan ambalan Faldo Fajri harus merelakan jabatanya dan digantikan posisinya oleh Dwiki Nusepta Aldiansyah sebagai ketua yang baru.

Selanjutnya, diklat dewan ambalan diselenggarakan pada hari Jumat-Sabtu tanggal 4-5 November 2017. Mereka mendapat pembekalan administrasi kepramukaan, dilatih dalam pemecahan masalah, menyusun proposal dan laporan kegiatan. Pembina tidak hanya memberikan materi secara kelas saja, tepi mereka juga memberikan materi bagaimana bersikap dan berdisiplin dalam lingkungan, bahkan sampai saat makanpun mereka juga mendapat pelatihan.

Materi lapangan erat kaitannya dengan pemaksimalan fisik peserta. Mulai dari senam pagi, apel pagi dan malam, serta latihan baris berbaris (PBB). Untuk latihan PBB dan praktik upacara diberikan dengan tujuan belajar menamakan visi dan misi, bekerjasama untuk menciptakan keharmonisan.

x