Outbound Training 2018, Tangga Menggapai Cita-Cita

Sebanyak 260 siswa-siswi kelas XII SMA Laboratorium UM begitu menikmati dan ikut larut dalam rafting sebagai rangkaian kegiatan Outbound Training yang bertempat di Applesun, Kaliwatu, Kota Wisata Batu. Kegiatan yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 13 Januari 2018 ini memiliki nilai lebih. Artinya siswa memang benar-benar diajak untuk menyatu dengan alam, bekerjasama satu sama lain, menyerap pengetahuan dan wawasan, serta menyatukan tekad untuk perubahan yang lebih baik.

Acara tahunan ini digagas oleh sekolah sebagai upaya memberikan suasana baru dan melepaskan segala rasa kejenuhan pada siswa yang setiap hari dijejali materi akademik dan pelajaran tambahan menghadapi UN serta persiapan studi lanjut. Situasi tersebut berdampak pada psikologi anak yaitu tingkat stress yang semakin tinggi. Bertajuk mengatur strategi, melawan rintangan, dan menggapai cita-cita diharapkan peserta memiliki keberanian memiliki impian dalam menggapai cita-cita.

Peserta sudah datang dan berkumpul di sekolah pada pukul 05.00 WIB dengan memakai seragam olahraga. Kedisiplinan peserta membuat acara pembukaan dan arahan dari Rosdiana Amini, M.Pd selaku kepala sekolah bisa terlaksana dengan lancar. Rosdiana berpesan agar seluruh peserta kegiatan benar-benar bisa mengambil nilai dan manfaat dari kegiatan ini karena sekolah sudah memfasilitasi mereka dengan sungguh-sungguh.

Setibanya di Kaliwatu, peserta dibagi menjadi dua kelompok besar. Kelompok pertama menuju ke Sungai Brantas untuk melaksanakan kegiatan rafting dan kelompok kedua tetap tinggal di lapangan untuk mengikuti jalannya permaianan flying fox dan berjalan di atas tali. Sekitar pukul 10.00 WIB, kelompok pertama dan kedua sudah selesai menjalankan aktivitas masing-masing. kemudian mereka bertukar tempat dan kegiatan berlangsung sampai pukul 12.30 WIB.

Selesai permainan, kedua kelompok diberikan waktu untuk membersihkan diri dilanjutkan dengan makan siang dengan menu yang sudah disiapkan oleh panitia. Sekitar pukul 14.00 WIB, peserta diwajibkan untuk memasuki aula untuk mendapatkan materi motivasi. Materi motivasi difokuskan kepada pembekalan mental peserta agar siap untuk menghadapi ujian nasional 2018 dan seleksi masuk perguruan tinggi.

Peserta antusias dalam melahap semua hal yang disampaikan oleh motivator. Suasana terasa cair karena motivator tak segan untuk berinteraksi dengan peserta. Pukul 15.30 WIB, acara selesai dan peserta diperbolehkan menemui wali kelas masing-masing untuk mengambil barang pribadi yang sudah dikumpulkan di awal. Pukul 16.00 WIB, peserta sudah berada di dalam angkot masing-masing lalu berlanjut dengan kepulangan mereka kembali menuju ke SMA Lab UM. (hmslab)