Pacu Kejujuran Siswa dalam PAS

Genap satu minggu pelaksanaan Penilaian Akhir Semester (PAS) SMA Laboratorium UM (1/12). Masih tersisa satu hari yaitu Senin depan. Seluruh siswa kelas X, XI, dan XII mengikuti PAS mulai tanggal 26 November hingga 3 Desember 2018. Dengan tagline Prestasi Penting, Jujur Lebih Utama, Wakasek Kurikulum Deddy Setiawan M.Pd menyampaikan tujuan utama dari penilaian adalah mengukur capaian kompetensi nilai pengetahuan dari siswa yang telah mereka jalani selama satu semester. “Hakikat pendidikan bukan hanya tentang nilai pengetahuan saja, tetapi juga pendidikan karakter yang harus diseimbangkan dalam pembelajaran siswa,” ujar Deddy.

Menurutnya nilai yang bagus adalah tujuan siswa. Terlebih pandangan masyarakat sangat menghargai nilai bagus. Tetapi cara atau proses mendapatkan nilai tersebut juga penting. Tentunya capaian kompetensi yang bagus jangan sampai menabrak koridor kejujuran.

Lebih lanjut Deddy menambahkan beberapa usaha pendisiplinan siswa yang ditekankan seperti sanksi keterlambatan, hingga pemeriksaan atribut seragam yang kurang sesuai dengan ketentuan menjadi aspek yang dicermati. Tim tata tertib memantau dengan cara berkeliling ke ruang ruang ujian. Bahkan penjagaan ketat oleh pengawas ruang yang berada di belakang para siswa, hingga pemantauan melalui CCTV menjadi salah satu usaha pendisiplinan siswa selama mengikuti penilaian akhir semester. “Kejujuran harus diutamakan namun kedisiplinan siswa juga harus dilatih bersama,” tambahnya.

Deddy menekankan bahwa tujuan mulia ini adalah ikhtiar bersama dari seluruh civitas akademika SMA Laboratorium UM. Kegiatan ini tidak hanya berfokus pada penilaian kompetensi pengetahuan saja. Tetapi pendidikan karakter tetap menjadi bagian yang tidak dapat dipisahkan dalam kegiatan penilaian akhir semester. (ngr/vic)