Parenting Class Momentum Menuju Sukses

Tangis haru dan kebahagiaan tersaji ketika peserta didik bertemu dengan orang tua mereka pada kegiatan parenting kelas XII SMA Laboratorium UM. Kegiatan yang berlangsung di aula Fakultas Ilmu Sosial (FIS), Universitas Negeri Malang pada hari Sabtu, 21 Oktober 2017. Peluk cium, saling minta maaf, dan tangis kebahagiaan jelas tergambar di raut wajah peserta kegiatan ini. Inilah goal dari acara ini, yaitu untuk mendekatkan aspek emosional peserta didik kelas XII dan orang tua dalam rangka mempersiapkan dan menata mental dalam rangka mempersiapkan diri menghadapi ujian nasional yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat.

Parenting Class adalah program rutin tahunan yang dilaksanakan oleh SMA Laboratorium UM sebagai bentuk tanggung jawab lembaga yang bekerjasama dengan orangtua untuk mendidik dan memotivasi siswanya,” ujar Rosdiana Amini, M.Pd selaku kepala sekolah. Rosdiana juga menambahkan bahwa peran orangtua sangat penting untuk membantu putra–putrinya meraih sukses di kehidupan yang akan datang. Perencanaan, monitoring belajar, dan evaluasi yang terstruktur juga harus dilaksanakan dengan berjangka demi terciptanya tujuan tersebut.

Lebih lanjut, berkaca pada tema bertajuk “Merajut Keharmonisan untuk Mewujudkan Impian”, kegiatan parenting class tahun ajaran 2017/2018 mempunyai dua aspek penting, yaitu merajut keharmonisan antara sekolah, orang tua, dan peserta didik. Merajut keharmonisan, berarti semua elemen harus senantiasa bersinergi dengan baik dan bertanggung jawab agar tercapai suasana yang kondusif, lingkungan yang menyenangkan, dan kasih sayang serta cinta yang terus menemani, agar tercipta situasi belajar yang lebih maksimal dan berkesan.

Kedua, adalah mewujudkan impian. Mewujudkan impian di sini berarti setiap orang pasti memiliki impian yang setinggi-tingginya. Begitu juga peserta didik. Mereka memiliki impian dan cita-cita yang sudah terbentuk dalam pemikiran sadar mereka. Mereka sudah berjuang sekuat tenaga untuk mewujudkan cita-cita itu, dan mereka tentunya juga butuh dukungan, dorongan, dan motivasi untuk menyertai mereka meraih apa yang mereka inginkan. Untuk itulah, dengan adanya acara ini, pihak sekolah memiliki harapan yang tinggi kepada peserta didik agar senantaiasa menumbuhkan sikap optimis dan percaya diri untuk menghadapi tantangan di era globalisasi.

Menutup sesi acara yang berakhir pada pukul 12.30 WIB, setiap kelas beserta orang tua melakukan sesi fotografi. Didampingi oleh wali kelas sebagai orang tua peserta didik di sekolah, senyum mereka merekah. Foto ini nanti akan dicetak oleh pihak sekolah, kemudian akan dipasang di dinding kelas mereka masing–masing sebagai pengingat bahwa mereka pernah disatukan dalam acara yang begitu hangat dan juga untuk memotivasi mereka untuk sukses di kemudian hari. Karena peserta didik sudah membuat janji dengan orang tua masing–masing, yaitu… Saya bisa sukses dan saya harus sukses. (vic / prb)