Pawai Kendaraan Hias Semarakkan HUT RI ke 73

SMA LAboratorium UM turut aktif dalam perhelatan pawai terbesar tahun 2018 yang digelar di Kota Malang. Yakni pawai kendaraan hias untuk menyemarakkan ulang tahun negeri tercinta Indonesia yang ke 73 (19/8). Kehadiran mobil dan tarian teratai SMA Laboratorium UM dengan nomor urut 4 ini sangat memikat penonton. Bahkan moment ini mereka jadikan ajang selfie sejenak. “Kita menghadirkan penampilan yang cukup berbeda dari peserta lain,” ungkap Kepala Sekolah, Rosdiana Amini, M.Pd.

Rosdiana menambahkan tema yang diangkat kali ini adalah “Terataiku Indah, Ngalamku Guyub.” Mengingat warga Malang masih belum paham dengan cikal bakalnya Kelurahan Bunul Rejo. Dimana pada masa pemerintahan Mpu Sindok, ada sebuah kolam teratai yang dibuat oleh seorang warga setempat bernama Bunul dan mendapatkan penghargaan dari kerajaan, Rakai Kanuruhan.

Sebagai perayaan penghargaan itu, SMA Laboratorium UM “menghidupkan” kembali peristiwa tersebut dengan bunga teratai besar dengan seorang putri diatas kendaraan bermotor. Sepanjang 3,5 km, yaitu  mulai dari Alun-alun Tugu depan Balaikota Malang, dan finish di Museum Brawijaya atau Jalan Ijen Malang, para gadis berjalan melenggak-lenggok mengikuti alunan lagu teratai. Tidak ketinggalan beberapa “prajurit” tampil gagah mendampingi mereka. “Menariknya, mereka semua mengenakan pakaian dan aksesoris daur ulang,” jelas Rosdiana. (vic*)