Pecahkan Kasus Gaya Sherlock Holmes

Cerita tentang detektif Sherlock Holmes memecahkan kasus menjadi inspirasi diadakan permainan lacak kasus Dewan Keamanan (DK). Itulah gaya pemecahan kasus yang dilakukan oleh 12 anggota DK pada Diklat Dewan Keamanan Sekolah SMA Laboratorium UM yang berlangsung selama 2 hari, Sabtu hingga Minggu (21/4). Mereka diajak permainan lacak kasus oleh para senior DK dengan mencari clue yang tersebar. “Petunjuk tersebut harus dipecahkan agar kasus atau masalah selesai,” ungkap Wakasek Kesiswaan M. Khabib Shaleh, M.Pd.

Dikatakannya permainan ini sangat menarik karena semua peserta harus mengasah kemampuan fisik dan cara berpikirnya. Mereka diajak bermain fisik dengan mengelilingi area sekolah dan juga diajak berpikir untuk memecahkan masalah sesuai petunjuk demi petunjuk berikutnya sehingga kasus dapat terpecahkan. Hal ini sangat penting didapatkan oleh setiap anggota DK. Karena mereka sebagai petugas pengamanan, untuk itu harus memiliki kecakapan dalam mencari penyebab masalah sampai pada titik pemecahan masalahnya.

Selain itu, kegiatan ini bermanfaat untuk menguatkan karakter disiplin, tanggung jawab, nasionalisme anggota DK. “Kegiatan ini juga mendatangkan alumni DK sebagai pendiri organisasi ini untuk membangkitkan kembali semangat dan tekad pengamanan di sekolah,” terangnya.

Khabib menjelaskan peran para alumni memberikan materi yang menambah pengetahuan tentang struktur keorganisasian. Mengingat selama satu tahun terakhir organisasi ini kurang aktif. Selain itu mereka juga mempraktikkan standar pengamanan yang berlaku di setiap kegiatan baik untuk di dalam maupun di luar sekolah. Hal itu selaras dengan materi yang disampaikan oleh Bripka Rudi Harmoko pada materi  SOP Pengamanan.

Sedangkan pejabat Babinsa Serma M. Hafid mengupas tentang identifikasi kerawanan. Harapannya peserta mampu mengidentifikasi masalah serta tindakan-tindakan yang dilakukan agar kerawanan tidak meluas dan segera teratasi. “Setiap anggota DK harus memiliki kecakapan sebagai penyidik yang bertindak sesuai prosedur untuk menjaga keamanan dan membantu menciptakan suasana nyaman,’ pesan Khabib kepada seluruh anggota DK. (sit/vic)