Peringatan Isra’ Mi’raj Kenalkan Shalat Masbuk

Suasana pagi yang cerah menandai pelaksanaan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW di SMA Laboratorium UM (16/4). Bertajuk ‘Meningkatkan Keimanan dalam Rangka Mencetak Generasi Berakhlakul Karimah, kegiatan ini bertujuan meningkatkan keimanan dan karakter positif semua warga sekolah. “Jadilah siswa yang berakhlakul karimah dengan meneladani setiap perilaku nabi Muhammad SAW,” ujar Ustadz  H. Musyafa’ Asady saat memberikan tausiah di lapangan olah raga.

Ustadz Musyafa’ mengajak generasi muda melaksanakan sholat 5 waktu mengingat sholat sangat banyak manfaatnya. “Janganlah kita menjadi manusia yang merugi karena sengaja meninggalkan sholat,” tambahnya. Juga, sebaiknya siswa selalu menjaga sikap yang santun, patuh dan hormat pada guru dan orang karena akan banyak keberkahan yang didapat.

Selain tausiah, alunan sholawat yang begitu merdu dilantunkan beberapa siswa yang tergabung dalam kelompok kesenian Hadrah. Tak hanya menampilkan hadrah, kegiatan ini  juga menampilkan pembacaan ayat suci Al Qur’an dan saritilawahnya oleh siswa SMA Laboratorium UM.

Melengkapi acara, seluruh kelas X dan XI membuat video sholat berjamah makmum masbuk dan hasil karyanya diikutkan dalam lomba antar kelas. Lomba tersebut bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan pengetahuan siswa tentang keutamaan sholat berjamaah. Kriteria penilaian terdiri dari jumlah peserta minimal 6 orang, imam laki-laki, makmum sempurna, masbuk di rakaat 1, 2, dan 3, dan menenambahkan hadist atau ayat-ayat Al Quran.

Juara 1 diraih oleh kelas X IPS 3, Juara 2 diraih oleh kelas X IBB, dan Juara 3 diraih oleh kelas XI IPS 4. Masing-masing mendapatkan hadiah uang tunai secara berturut-turut Rp. 500.000, Rp. 400.000, dan Rp. 300.000. “Lomba ini tentu sangat bermanfaat bagi mereka yang masih awam terhadap hukum-hukum sholat berjamaah,” terang Wakasek Kesiswaan M. Khabib Shaleh, M. Pd. (dya/vic)