Rebut Juara 3 Kompetisi Bahasa Jerman

Kelihaian 6 siswa jurusan Bahasa berhasil menyabet juara 3 dalam Akustische Musik yang diadakan HMJ Sastra Jerman UM (11/11). Lomba Deutsche Tage (DT) antar pembelajar bahasa Jerman se-Jawa Bali ini bertajuk Made in Germany: Viele Gesichter, Viele Geshchichte, Viele Gefuhle atau bisa diartikan dengan banyak orang, banyak kisah, banyak perasaan. Terbukti mereka dapat mengisahkan perasaan kepada banyak orang lewat lagu bahasa Jerman.

Keberhasilan ini tidak lepas dari bimbingan guru bahasa Jerman, Frau Esti dan Frau Endang untuk urusan bahasa, sementara harmonisasi musik dipercayakan kepada Danial Malik Nugraha. Latihan intensif dan serius  selain menambah kemampuan bahasa Jerman mereka juga berdampak positif mendapatkan juara. Apalagi Ketua Jurusan Sastra Jerman menyarankan agar Hengar kuliah di Sastra Jerman. “Beliau sangat tertarik dengan pelafalan hebatnya,” ujar Frau Endang.

Kemampuan bahasa tidak hanya ditunjukkan dalam lomba kali ini. Sebelumnya mereka pernah merebut juara satu se-Malang Raya dalam lomba musik bahasa Mandarin. Selain itu, salah sau siswa kelas Bahasa yang lain, Kharisma Nirmalasari berhasil meraih juara 3 pada lomba baca beria bahasaJerman pada kegiaan bulan bahasa yang diadakan oleh SMAN  Malang. (fix)