Sekolah Ala Mahasiswa

Binar-binar keceriaan dan penuh semangat menghiasi para siswa kelas XII SMA Laboratorium UM ketika mereka melangkahkan kaki di gerbang sekolah. Sepatu sporty dan pakaian trendy kian menambah rasa percaya diri. Kesan itulah yang nampak saat hari Sabtu pagi pada kegiatan Sukses Ujian Nasional (SUN), termasuk pada Try out pertama (3/11).

Menurut Waka Kurikulum Deddy Setiawan, M.Pd, program ini siswa diperkenankan menggunakan pakaian free agar lebih semangat belajar. “Suasana perkuliahan akan lebih terasa mengingat sebentar lagi siswa akan melanjutkan studi di perguruan tinggi,” tambah Deddy. Sementara Siti Sa’adah mengaku senang dengan hal ini. “Nyaman dan enak tapi tetap fokus belajar”, ungkap siswi kelas XII IPS 1 yang bercita cita menjadi akuntan ini.

Deddy mengatakan SUN merupakan salah satu program yang dirancang untuk mempersiapkan para siswa sukses dan memperoleh hasil memuaskan di Ujian Nasional. Dilaksanakan dengan durasi 120 menit per tatap muka untuk mata pelajaran yang diujikan pada Ujian Nasional yaitu bahasa Indonesia, bahasa Inggris, matematika dan peminatan. Istilah SUN merupakan pengganti program yang sebelumnya bernama Jam Pelajaran Tambahan (JPT).

Menurutnya salah satu keluhan siswa saat JPT tahun lalu adalah masuk pukul 06.00 dan dilanjutkan dengan PBM reguler sampai sore. Sehingga muncul istilah sunsetsunrise. Untuk mengatasinya SUN kali ini dilakukan hari Sabtu agar siswa lebih fresh.”

Terobosan lain yang berbeda pada program ini adalah adanya buku yang representatif dan memuat pemantapan materi kompetensi, telaah soal tipe UN, uji kompetensi soal tipe UN serta berbagai latihan yang menantang siswa berpikir High Order Thinking Skill (HOTS). Tak kalah pentingnya dalam buku ini juga terdapat prediksi soal Ujian Nasional tahun 2019 sesuai Standar Kompetensi Lulusan yang tertera pada Kurikuluum 2013 revisi.

Untuk mengevaluasi program SUN maka diadakan try out Ujian Nasional. Sekolah memberikan reward bagi 3 siswa peraih nilai tertinggi try out pada masing-masing peminatan IBB, MIPA dan IPS. Total terdapat 9 siswa dan kepada mereka diberikan piagam juga uang pembinaan. Foto kesembilan siswa ini dipajang di halaman sekolah sebagai motivasi dan inspirasi bagi siswa lain. Berbagai inovasi pada program SUN ini diharapkan mampu menjadi jurus ampuh menggapai sukses Ujian Nasional dan target nilai tinggi pun dapat dicapai. “Teruslah semangat dan berprestasi generasi cerdas SMA LAB UM,” pesan Deddy. (eng/vic)