Semangat Kebangsaan, Semangat Merah Putih

Merdeka tidak hanya sebagai slogan atau kemeriahan saja tetapi kata merdeka harus diterjemahkan dengan penanaman rasa nasionalisme yang nyata sebagai wujud cinta terhadap bangsa dan Negara Indonesia. Mewujudkan nilai nilai idiologi pancasila, mempertahankan NKRI, patuh dan taat pada UUD 1945 sebagai hukum dasar NKRI dan memahami arti kebhinekaan.

Perayaan ini selalu ditunggu-tunggu oleh civitas akademika SMA Laboratorium UM. Event yang pasti datang setiap tahun sekali ini tetap tidak akan pernah membosankan. Tidak hanya itu saja, hadiah untuk lebih memacu siswa lebih aktif dan kreatif mengikuti setiap jenis lomba yang ditawarkan juga menarik.

Pelaksanaan kegiatan dimulai hari Rabu tanggal 16 Agustus 2017, dengan agenda lomba karnaval antar kelas. Lomba ini pada dasarnya adalah jalan sehat hanya saja disini dikemas dengan tampilan yang lebih menarik. Lomba ini wajib di ikuti oleh seluruh pesertadidik, bapak/ibu guru dan karyawan. Masing-masing kelas memiliki tema yang seru. Ada yang mengambil temaARMY, temaProfesi, tema Nasionalisme, bahkan ada yang mengambil temaMalangan. Kelas tidak hanya memilih tema tapi mereka juga memakai kostum sesuai dengan tema pilihan mereka.

Rute yang diambil untuk kegiatan ini hanya sekitaran SMA Lab saja. Tidak hanya sekadar jalan yang menyehatkan tapi juga menyenangkan. Masing-masing kelas akan adu yel-yel untuk menunjukkan kekompakan mereka. Bapak/ibu wali kelas pun juga ikut mendukung anak didiknnya. Ketika peserta sampai di rute Taman Slamet disitulah puncak lomba ini. Masing-masing kelas akan melakukan adu gerak dan lagu-lagu dalam yel-yel. Disini akan tampak kelas yang kompak dan siap maupun kelas yang hanya asal-asalan saja.

Rute jalan sehat berakhir dengan kembali ke SMA Lab. Disini peserta didik tidak langsung bengong tapi mereka sudah disambut dengan persiapan lomba cerdas cermat ala SMA Lab yang menyerupai kuis Rangking I di salah satu program stasiun televisi. Lomba ini diikuti oleh perwakilan kelas sejumlah 5 orang. Perlengkapan yang mereka bawa hanya kertas dans pidol.

Panitia sudah menyiapkan banyak pertanyaan yang bersumber pada 4 pilarkebangsaan yang meliputiPancasila, Undang-Undang Dasar 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika. Setiap pertanyaan yang diberikan, peserta hanrus mampu menjawab dengan cepat dengan menuliskan dikertas yang ada. Ketika juri menjawab pertanyaan tersebut, peserta wajib menunjukkan jawaban yang tertulis di kertas. Peserta yang menjawab dengan benar berhak mengikuti tahap berikutnya. Sedangkan peserta yang menjawab salah harus tersingkir. Begitu seterusnya sampai hanya menyisakan 3 peserta untuk merebutkan juara.

Tak hanya perlombaan yang mengasah otak saja yang disajikan pada peringatan HUT RI tahun ini. Lomba-lomba yang bersifat keseruan juga ada. Diawali dengan lomba estafet lari karung. Kali inidikemas dalam bentuk estafet agar peranserta peserta didik semakin banyak. Masing-masing kelas wajib mengirimkan 3 peserta. Peserta pertama lari karung terlebih dahulu sampai kembali ke garis start. Dilanjutkan sampai peserta yang ketiga. Peserta dilarang lari, hanya lompat.

Perlombaan jenis estafet tidak hanya lari karung saja, makan kerupuk dan memasukkan belut kedalam botol pun juga estafet. Peserta lain mulai makan kerupuk jika peserta sebelumnya sudah menghabiskan kerupuknya.

Begitu juga dengan memasukkan belut ke dalam botol. Belut yang sudah diletakkan di kolam renang yang mini akan semakin membuat belut bergerak gesit dan sulit ditangkap. Peserta harus mampu mengambil belut dari kolam dan di masukkan ke dalam botol plastik dan disambung dengan peserta selanjutnya.

Lomba terakhir yang menonjolkan kebersamaan dan keharmonisan adalah paduan suara. Nasionalisme yang dimunculkan, peserta wajib menyanyikan lagu nasional dan lagu daerah. Dengan tetap memunculkan unsur tema kelas, peserta memakai kostum yang sesuai. Tidak hanya mendengarkan alunan lagu yang merdu dan menghentak saja, tapi pada lomba ini juga disuguhkan paduan gerak dan lagu yang menarik untuk dinikmati.

Puncak kegiatan ini adalah pelaksanaan Upacara Bendera yang dilaksanakan pada tanggal  17 Agustus 2017. Pengibaran bendera dilakukan tim pengibar atau Paskibra SMA Laboratorium UM dan diakhiri dengan pengumuman pemenang lomba yang sudah dilaksanakan sehari sebelumnya.

Pemenang Lomba

Jenis Lomba Juara Kelas
1. Karnaval Juara I XI IPS-1
Juara II XIIPS-4
Juara III XII IPA-3
2. Lari Estafet Karung Juara I XI IPS 1
Juara II X  ICP
Juara III XII IPA 1
3. Estafet Makan Kerupuk Juara I XI IPS 2
Juara II XII IPA 1
Juara III X IBB 2
4. Memasukkan Belut dalam Botol Juara I XI IPA 3
Juara II X IPA 3
Juara III X IPS 1
5. Paduan Suara Juara I XII IPA 1
Juara II XII IBB
Juara III XI IPA 3
6. Kebersihan Kelas Juara I XI  ICP
Juara II XI IPA 2
Juara III XII IPS 3
JUARA UMUM Juara I XI  ICP
Juara II XII IPA 1
Juara III XI IPS 1