Kemeriahan Perayaan HUT RI ke-73

Gaung perayaan peringatan HUT ke-73 Republik Indonesia dapat dirasakan di mana-mana. Semangat menyambut hari kemerdekaan itu begitu sangat dinanti. Tak terkecuali di SMA Laboratorium UM. Dengan semangat 45 layaknya sang pejuang, seluruh civitas akademika menyambut perayaan itu. Dengan tema “maknai kerja kita prestasi bangsa sebagai spririt mencapai kemampuan diri,” SMA Laboratorium UM ingin mengajarkan dan mengingatkan kembali kepada siswa bahwa kemerdekaan ini merupakan hasil kerja keras dari pahlawan.

Serangkaian peringatan mulai terasa di awal bulan Agustus. Setiap kelas menyulap kelasnya masing-masing dengan nuansa nasionalisme dan kebangsaan. selain itu ada jalan sehat tematik dan paduan suara sangat kental dengan keselarasan. Masing-masing kelas dengan didampingi wali kelas menunjukkan aksi kebersamaannya dengan menggunakan kostum yang senada atau setema dengan lomba. Juga ada yel-yel semakin menambah semarak lomba ini. Tidak hanya wali kelas saja yang terlibat, para guru dan karyawan turut andil mengikuti jalan sehat yang mengambil rute dari Jalan Bromo, Jalan Semeru, Jalan Ijen, Taman Selamet, Jalan Kawi, sampai kembali lagi ke Jalan Bromo.

Setelah lelah berjalan, siswa segera menyiapkan 3 perwakilan kelasnya untuk mengikuti lomba cerdas cermat Rangking I dengan mengambil materi kebangsaan dan sejarah nasional. Lomba ini menyerupai acara ditayangan televisi nasional. Peserta yang tidak dapat menjawab pertanyaan dengan benar langsung dinyatakan gugur sampai menyisakan 3 peserta yang merebutkan juara.

Selanjutnya lomba paduan suara. Dengan harmonisasi dan gaya pada masing-masing kelas mampu menyuguhkan hiburan yang menyenangkan namun tetap mendidik. Peserta lomba diminta menyanyikan satu lagu nasional dan satu lagu daerah.

Tak seru jika agustusan tidak disambut dengan lomba yang berciri khas, yaitu, makan kerupuk, balap karung, dan tangkap belut. Agar banyak siswa yang terlibat, masing-masing lomba diikuti secara tim dengan jumlah masing-masing tim 3 orang. Sangat semarak lomba-lomba ini dan aneka kelucuan disuguhkan.

Sampai pada puncaknya, yaitu Upacara Bendera yang dilaksanakan di halaman sekolah dan sepanjang Jalan Bromo. Upacara bendera dimulai tepat pukul 07.30 dengan Pembina upacara Kepala Sekolah, Rosdiana Amini, M.Pd. Dalam amanat upacara yang dibacakan, kepala sekolah mengajak para siswa untuk berperan aktif dalam mengisi kemerdekaan dan bersama bersiap menyongsong Asian Games 2018 serta menjadi tuan rumah yang baik. Menunjukkan hasil kerja yang positif melalui prestasi-prestasi yang gemilang sesuai dengan tema nasional peringatan HUT ke-73 RI “Kerja Kita, Prestasi Bangsa”.