Siapkan Pemimpin Berkarakter dalam Diklat Kepramukaan dan Mustegak

Pramuka sejati memiliki jiwa yang tidak mudah menyerah di tengah situasi apapun.  Demikian pula dengan kegiatan kepramukaan di Pangkalan Gudep 01803/01804 SMA Laboratorium UM yang menggelar  Musyawarah Penegak (Mustegak) dan Diklat Kepramukaan Dewan Ambalan pada Sabtu (7/11). Menyikapi masa normal baru, kegiatan ini dikemas dengan mematuhi protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19. 

“Kalian harus bangga dan terus meningkatkan kreatifitas dalam berkegiatan walaupun dalam masa pandemik, protokol kesehatan harus diterapkan dalam setiap kegiatan. Diklat Kepramukaan ini melatih kalian agar lebih maksimal dalam menjaga keteladanan sikap dan perilaku. Kalian akan diberi bekal dan pembinaan supaya memiliki  ketegasan dan kedisiplinan. Ikuti semua kegiatan dengan sungguh-sungguh, agar mendapatkan hasil yang baik pula,” amanat Rosdiana Amini, M.Pd., selaku Kamabigus Gudep 01803-01804 saat memberikan sambutan. 

Mustegak kali ini, selain dihadiri Kepala Sekolah dan Waka Kesiswaan juga disaksikan oleh pembina ekstrakurikuler, jajaran pelatih dari Kwartir Cabang Pramuka Kota Malang, dan Dewan Ambalan periode 2019/2020 sebanyak 14 siswa secara luring, juga diikuti peserta dari kelas X dan XI melalui media daring secara live streaming.  

Selanjutnya, agenda Dewan Ambalan dalam Mustegak kali ini juga melaksanakan pemilihan  pengurus baru.  Pada voting yang dilakukan dalam sidang komisi menghasilkan kepengurusan Dewan Ambalan periode 2020/2021.  Terpilih Eryna Febriyanti dari X MIPA 1 sebagai Ketua Umum, M. Basarudin P. dari XI IPS 4 sebagai Pradana, Shafa D.A. dari XI IPS 4 sebagai Pradani, Muhammad Jawadil dari XI ICP dan Malika A. dari XI MIPA 4 sebagai Pemangku Adat, Rendy P.D. dari XI ICP dan Keisya N.G.A. dari X MIPA 1, sebagai sekretaris 1 dan 2, serta Ilyas S. dari XI ICP dan M. Mirza N.P. dari X IPS 3, sebagai bendahara. Di tempat berbeda, Ketua Umum, Eryna Febriyanti menyampaikan kesannya bahwa dia menyambut antusias amanah sebagai ketua umum karena ingin mendapat pengalaman menjadi seorang pemimpin. 

Adapun materi yang disampaikan dalam kegiatan ini selaras dengan tujuan penyelenggaraan Diklat Kepramukaan, diantaranya materi Keorganisasian, Dinamika Organisasi, Kepemimpinan, Pengelolaan Kegiatan, Komunikasi Efektif dalam Organisasi dan materi kepramukaan lain.  Lebih jauh, M. Khabib Shaleh, M.Pd., mengungkapkan bahwa Dewan Ambalan  merupakan kader pemimpin masa depan yang sangat membutuhkan bimbingan, arahan dan pelatihan untuk bisa mengembangkan potensi dirinya melalui aktifitas yang bermanfaat agar mampu mengemban amanah yang akan dibebankan kepada mereka dengan baik dan bertanggung jawab hingga saatnya mereka menjadi pemimpin yang diharapkan mampu menampilkan akhlak mulia.  Diklat Kepramukaan ini dilaksanakan juga sebagai pengganti dari kemah blok untuk pengambilan nilai ekstra wajib Pramuka dan bagi Ambalan bisa  menjadi pengurus Pramuka yang handal pada periode yang akan datang. (gik/sri)