Sidang Sempurnakan Tugas

Sidang pertanggungjawaban anggota OSIS, MPK, dan Dewan Keamanan (DK) masa bakti 2017/2018 dengan jumlah 87 siswa berjalan mulus (29/9). Sembilan seksi yang terdapat pada organisasi OSIS dan 3 Komisi dibawah naungan MPK secara bergantian melaporkan hasil pelaksanaan program kerjanya. Program Kerja (proker)  tersebut meliputi proker yang terlaksana maupun yang tidak terlaksana dengan disertai deskripsi pelaksanaan, kendala, serta alasan ketidakterlaksanaan.

“Dengan penyelenggaraan sidang pertanggungjawaban ini diharapkan masing-masing organisasi dapat mengevaluasi setiap kinerja yang sudah dilakukan untuk menyiapkan penyusunan program kerja selanjutnya,” ujar Waka Kesiswaan M. Khabib Shaleh,M.Pd.

Dikatakannya bahwa setiap akhir masa jabatan suatu organisasi selalu ditutup dengan pertanggungjawaban. Bisa dilakukan dalam bentuk laporan tertulis maupun dalam bentuk sidang pertanggungjawaban. “Hal itu pula yang dilakukan oleh organisasi siswa yang ada di SMA Laboratorium UM siang ini (kemarin, red),” tambahnya.

Sidang pertanggungjawaban ini disambut antusias oleh semua anggota aktif maupun anggota baru yang akan dilantik. Anggota aktif mengenalkan kepada adik tingkatnya tata cara sidang serta memberi contoh sikap tanggung jawab menjadi anggota OSIS,MPK, dan DK. “Sidang kali ini kami sengaja melibatkan calon anggota baru MPK dan OSIS karena kami ingin mengenalkan kepada adik-adik tata cara sidang dan memberikan gambaran umum tentang program kerja yang terdapat pada masing-masing organisasi,” ungkap Reikudio selaku Ketua MPK.

Dia menjelaskan salah satu bentuk pelaporan yang berbeda disajikan oleh Dewan Keamanan (DK). Organisasi ini tidak mempertanggungjawabkan program kerjanya, tapi DK melaporkan operasi pengamanan yang sudah dilakukan selama  satu tahun masa baktinya.