Siswa Baru Jalani Tes Psikologi

Tes Psikologi terlama yang dilaksanakan oleh SMA Laboratorium UM yaitu selama 4 jam. Hal ini tidak lepas dari banyaknya aspek yang ingin dikupas dari tes psikologi kali ini. Siswa mulai mengerjakan tes pada pukul 08.00 hingga 12.00 dikuti oleh 323 siswa. Tujuannya memantapkan penjurusan siswa di awal masuk sekolah dan melihat bakat, minat serta gaya belajar. Selain itu tes ini juga memperlihatkan gambaran profesi siswa yang sesuai dengan hasil tes.

Waka Kurikulum Deddy Setiawan, M.Pd mengatakan, psikotes kali ini selain untuk mengetahui IQ siswa juga untuk memetakan kepribadian , gaya belajar, Multiple Inteligence (kecerdasan majemuk), minat dan bakat serta gambaran studi lanjut juga profesi yang dimiliki siswa. Sebab, tes psikologi yang pernah dijalani saat PPDB sebelumnya dirasa belum cukup menggambarkan secara jelas apa yang dimiliki oleh siswa.

’’Dari hasil tes psikologi sangat jelas sekali, banyaknya hasil yang dipoleh dari tes ini. Yakni dapat mempermudah kami para pendidik untuk mengetahui kemampuan siswa dan apa saja yang dapat kami lakukan untuk siswa supaya mereka dapat beajar dengan nyaman juga dapat menyerap proses serta hasil belajar di sekolah,’’ kata Deddy. Pada akhirnya Deddy menyatakan bahwa psikotes ini juga bermanfaat untuk mengetahui kemampuan intelektual, kemampuan mengelola diri, mengetahui minat, mengenali bakat dan studi lanjutan serta gambaran profesi atau pekerjaan yang sesuai dengan bakat minat siswa.