Siswa SMA Lab UM Jalani LDKS

JAWA POS – Menjadi generasi muda pilihan yang siap mengemban amanah cita-cita perjuangan bangsa membutuhkan proses yang tidak singkat. Merespons hal ini, SMA Laboratorium (Lab) UM menggelar Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) 21-23 Oktober lalu yang diikuti 40 siswa kelas X dan XI di Pusdik Arhanud Karangploso. Tema LDKS kali ini adalah ”Membangun Pribadi Pemimpin Organisasi Sekolah yang Andal di Masa Pandemi melalui LDKS.”

Tema ini memunculkan kata ”pandemi” karena dilaksanakan saat pandemi Covid-19 merebak sehingga peserta dan panitia LDKS wajib mematuhi protokol kesehatan yang ditetapkan Pusdik Arhanud.

Dalam upacara pembukaan kegiatan LDKS yang dipimpin Wakil Komandan Pusdik Arhanud Kolonel Arh Dodo Irmanto SIP MSi, Kepala SMA Lab UM Rosdiana Amini M.Pd menjelaskan menyiapkan generasi muda yang andal di jenjang SMA sangatlah penting sebelum mereka melanjutkan ke pendidikan yang lebih tinggi. ”Karena di pundak generasi muda inilah masa depan bangsa ditentukan. Untuk itu, mereka harus dibekali dengan wawasan kepemimpinan yang mampu membawa perubahan ke arah yang lebih baik dalam bingkai moral, etika, dan ilmu pengetahuan yang tetap berlandaskan nilai Pancasila,” ucap dia.

Kegiatan LDKS ini merupakan agenda rutin setiap tahun pelajaran terutama setelah pergantian kepemimpinan OSIS dan MPK. M. Khabib Shaleh MPd selaku waka Kesiswaan menyebutkan bahwa kepemimpinan itu harus disiapkan sehingga bakat yang ada bisa terarah, utamanya bagi siswa yang berbakat memimpin organisasi, itulah sebabnya mengapa LDKS wajib dilaksanakan, khususnya di OSIS dan MPK SMA Lab UM.

Terkait dengan materi, pembinaan kepemimpinan dan kedisiplinan pada LDKS ini terdiri dari materi di ruangan yang berisi tentang Garis Komando-Koordinasi dan Komunikasi Efektif. Selain itu, ada materi lapangan di mana peserta dilatih kedisiplinan melalui PBB dan PPM serta dilengkapi dengan outbond kekompakan tim sebagai materi terakhir. (c1/dik)