SMA Laboratorium UM Menuju SDM berkelas dan Tim Unggulan

Untuk mewujudkan sekolah Unggul di Kota Malang  SMA Laboratorium UM terus berbenah dalam memperbaiki SDM pendidik dan tenaga kependidikan dengan mengadakan pelatihan di Hotel Kartika  Wijaya Batu mulai tanggal 10 hingga 12 Agustus 2017. Tujuannya adalah menjadikan SDM semakin memukau, meneladani, menginspirasi, dan siap berkompetisi di masa yang akan datang. Hal ini ditekankan dalam sambutan pembukaan pelatihan baik oleh kepala sekolah Rosdiana Amini, M.Pd maupun dari pengurus Yayasan BPLP UM.

Pada pelatihan tersebut yang sangat terkesan yaitu ketika semua guru dan karyawan menjadi satu tim besar yang diminta membuat target dalam menyelesaikan suatu permasalahan. Pada percobaan pertama dan kedua tim belum memenuhi target. Hal ini dikarenakan kita belum mempunyai strategi yang bagus dan dalam satu tim kurang terjadi kerjasama hanya pelemparan kewajiban saja setelah kewajiban selesai maka tidak mempunyai kontribusi untuk anggota tim yang lain. Setelah kami coba perbaiki kerjasama tim dan membuat strategi yang bagus pada percobaan yang ketiga kami berhasil memenuhi target.

Dalam Pelatihan ini SMA Laboratorium UM bekerjasama dengan lembaga YDSF Kota Malang. Pimpinan YDSF Agung Wicaksono, S.T. menyampaikan konsep pelatihannya merupakan sebuah dikhususkan untuk guru-guru yang siap menerima tantangan di masa depan. Training Membangun Tim Unggulan dilaksankan secara aktif dan dinamis, dimana peserta terlibat aktif mengikuti kegiatan dari awal sampai dengan selesai.  Materi disampaikan dengan metode 80% Game Kompetisi dan 20% diskusi sehingga peserta sangat menikmati pelatihan ini.

Di akhir acara ketua pelaksana Deddy Setiawan, M.Pd meminta kepada semua peserta baik guru maupun karyawan untuk membuat 3 wow effect yang akan dilaksanakan setelah pelaksanaan pelatihan ini.

Salah satu wow effect yang ditulis oleh seorang peserta, “Saya akan meningkatkan kinerja dan kedisiplinan saya, Saya berjanji ini adalah tempat terakhir kerja saya dan saya siap mengabdi dan loyal sampai kapanpun, Saya akan ramah terhadap semua komponen sekolah dan akan menjaga integritas saya “.