Student Day di bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan tidak menjadikan halangan bagi peserta didik kelas X dan XI memeriahkan Student Day. Kegiatan selama dua hari yaitu Senin dan Selasa tanggal 5-6 Juni 2017 berhasil dengan memunculkan bakat baru di bidang seni.  Berbagai ragam lomba diadakan untuk memeriahkan acara. Kegiatan ini dilaksanakan setelah peserta didik menyelesaikan Penilaian Akhir Tahun (PAT) dan pekan remidi. Hari pertama adalah pemutaran dan penilaian film bahasa Jawa dan film Religi untuk kelas XI. Sedangkan kelas X menampilkan karya terbaik mereka selama mengikuti pelajaran Seni, PDK atau pelajaran lain yang menghasilkan karya melalui lomba Pameran Kelas. sedangkan lomba design kartu ucapan selamat hari raya dan design poster yang bertema religi dilaksanakan pada hari Selasa. “Peserta kelas X sangat kreatif dan kompetitif dalam menghias kelas sedangkan peserta kelas XI begitu kuat membentuk dan menunjukkan karakter dalam film yang mereka buat,” ungkap Waka Kesiswaan, M. Khabib Shaleh, M.Pd.

Hari pertama diawali dengan lomba Pameran Kelas. Masing-masing kelas mengangkat tema yang sesuai dengan produk dan imajinasi. X IBB 1 yang mengangkat tema Disney, X IBB2 dengan tema Unicorn, X IPS 4 dan X IPS 2 mengambil tema Musik, X IPS 3 tertarik dengan pelangi, X IPS 1 memilih tema Klasik, dan X ICP memutuskan tema Archipelago. Dari penilaian dewan juri serta angket yang diberikan kepada bapak/ibu guru dan karyawan yang berkunjung ke acara pameran kelas, didapatkan juara 1 diraih oleh kelas X ICP, disusul dengan kelas X MIPA 3 peraih juara 2, dan juara 3 direbut oleh kelas X IBB 1.

Untuk lomba film religi dan film bahasa Jawa dilaksanakan pada hari Senin, 5 Juni 2017 di Aula lantai 2 SMA Laboratorium UM dengan menampilkan film-film terbaik karya peserta didik kelas XI. Sedangkan film-film yang tidak masuk nominasi ditayangkan pada hari Selasa 6 Juni 2017. Pemenang pertama Film Bahasa Jawa dipegang oleh kelas XI IPA 3 dengan judul Rungokno. Juara kedua berhasil dimengkan oleh kelas XI IPA 1 dengan judul Paradoks. Sementara kelas XI IBB dengan judul Bisu menduduki peringkat tiga.

Pada kategori Film Religi terdapat dua pemenang. Urutan pertama berhasil diraih oleh kelas XI IPS 3 dengan judul Tak Untuk Berbeda. Sedangkan Film dengan judul Rela dari kelas XI IPA 1 berhasil menduduki urutan kedua. Film Favorit terbaik satu diambil oleh kelas XI IPA 2 dengan judul Pantaskah dan disusul kelas XI IPS 3 dengan judul Galih dan Ratna harus puas pada peringkat kedua.

Pemenang pada lomba design kartu ucapan selamat hari raya dan poster juara satu diraih oleh Nihayah Noor Rohmah kelas X IBB 2, sementara juara dua dimenangkan oleh Rekudio Darrel kelas X IPS 3.