Sulap Kelas Menjadi Ruang Pameran

Bulan Ramadhan 1939 H  tidak menjadikan halangan bagi siswa kelas X dan XI memeriahkan Student Day 2018. “Karena bertepatan dengan bulan puasa maka kegiatan kita maksimalkan di tiga bidang lomba saja” ungkap Waka Kesiswaan, M. Khabib Shaleh, M.Pd. Khabib menambahkan jika jenis lomba pada Student Day biasanya lebih bervariasi, misalnya ada lomba basket 3 on 3 antar kelas, lomba futsal, lomba menyanyi solo dan sebagainya. Tujuannya agar seluruh siswa tetap antusias mengikuti semua kegiatan Student Day

Hal ini tampak dari antusiasme para peserta kelas X saat menyulap ruang ruang kelasnya menggunakan dekorasi sesuai tema kelas bahkan tidak jarang kostum mereka pun disesuaikan. Kegiatan selama dua hari yaitu  Kamis dan Jumat tanggal 7-8 Juni 2018 berhasil dengan  memunculkan bakat baru di bidang seni.  Beberapa tema menarik diusung  para peserta  pameran, antara lain Walt Disney oleh kelas X IPA 1. Kelas X IBB 2 menampilkan tema oriental paradise, sedangkan  jungle coba ditampilkan oleh kelas X IPS 2. Suasana sports coba ditawarkan oleh kelas X IPS 4 yang melengkapi kelas mereka dengan ornamen tambahan seperti papan catur, bola, manequine berkostum klub favorit. Bahkan terdapat beberapa boneka maskot. Kelas X IPA 2 menyulap kelas mereka dengan tema planetary, sedangkan tema monochrome menjadi pilihan kelas X ICP.

Hasil karya yang di display mulai dari lukisan, tempat tisu berbentuk rumah adat, bantal dengan ornamen batik khas daerah, gambar realis/surealis, patung dan lain-lain. Selain itu tidak sedikit kelas yang menampilan live music performance. Hampir setiap kelas menyediakan lokasi untuk memanjakan para pengunjung melakukan swafoto, terlebih selepas melakukan kunjungan disediakan beragam souvenir menarik, seperti sumpit oleh kelas X IBB 2 yang mengusung tema oriental dan roti bakpao biru yang disimbolkan sebagai perwujudan planet oleh kelas X IPA 2. Dari penilaian dewan juri serta angket yang diberikan kepada bapak/ibu guru dan karyawan yang berkunjung ke acara pameran tersebut, didapatkan juara 1 diraih oleh kelas X IPA 2. Disusul dengan kelas X ICP menempati juara 2. Sedangkan juara karya individual terbaik diraih oleh Jihan Ayu N kelas X IPA 1. “Kegiatannya seru, sepertinya anak-anak juga antusias mengikuti, tahun depan mungkin bisa ditingkatkan ragam produk kriya yang dilombakan agar anak-anak bisa lebih semangat lagi,” ujar salah seorang guru, Luluk Dwi Cahyani, S.Pd yang mendatangi seluruh ruang pameran di lantai 3.

Selain itu, Siswa kelas XI disibukkan dengan pemutaran film pendek/video klip. Mereka menampilkan film-film terbaik karya untuk diikutkan lomba. Sedangkan film-film yang tidak masuk nominasi ditayangkan setelahnya sebagai pelepas rasa penasaran para penonton yang kebanyakan kelas XI ini. Pemenang pertama Film pendek dipegang oleh kelas XI IPA 3 dengan judul Judulnya Belakangan. Juara kedua berhasil dimenangkan oleh kelas XI IPS 2 dengan judul Omah Cerry. Sementara kelas XI IPS 1 dengan video klip berjudul Sampai Jadi Debu menduduki peringkat tiga sebagai juara favorit.

Terakhir adalah lomba cipta poster dilaksanakan di ruang terpisah. Pemenang pada lomba cipta poster juara satu diraih oleh Puspa Asri kelas XI IPA 3 yang mengampanyekan  tema stop phubbing, artinya adalah tindakan acuh tak cuh seseorang ketika berada di sebuah lingkungan karena lebih fokus pada gadget daripada membangun sebuah percakapan. Sedangkan Pinta Dannisa dari kelas XI ICP harus puas menduduki posisi runner up. Sedangkan juara ketiga dan keempat diraih oleh Najla M kelas XI IPS 1 dan Oktavithania kelas X IBB 2.