Sulap Rumah Menjadi Laboratorium Mini

Pelaksanaan ujian praktik siswa SMA Laboratorium UM secara daring berjalan lancar, tertib dan sukses.  Kegiatan ini berlangsung sejak 18-22 Januari 2021, bertepatan dengan diberlakukannya masa PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) di Malang Raya. Meski begitu, Kepala SMA Laboratorium UM Rosdiana Amini, M.Pd. mengungkapkan rasa bangga dan apresiasi pada siswa kelas XII yang tetap semangat terus belajar, menggali bakat dan kreativitas. “Semoga pengalaman ujian praktik ini bisa menjadi bekal siswa untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang selanjutnya,” harapnya.

Selanjutnya, Rosdiana menyampaikan hampir 200 siswa kelas XII SMA Laboratorium UM menyulap rumah menjadi laboratorium mini ketika ujian praktik IPA. Tak dipungkiri, dengan adanya pandemi segala aspek berubah, termasuk kegiatan ujian praktik di laboratorium IPA. Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi siswa, pasalnya mereka diminta memanfaatkan bahan-bahan yang ada di rumah untuk diuji layaknya di sebuah laboratorium tanpa mengurangi esensi praktikum itu sendiri.  “Laboratorium itu pada hakikatnya adalah semua tempat yang bisa digunakan untuk menguji, jadi tak mustahil jika siswa bisa melakukan uji coba di rumah layaknya di laboratorium dengan memanfaatkan bahan yang ada di rumah,” ujar Kepala Laboratorium IPA, Erna Krisna S., S.Si.

Tidak hanya mata pelajaran IPA, ujian praktik untuk mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan (PKWU) juga dilaksanakan dengan memanfaatkan limbah plastik yang ada di rumah untuk disulap menjadi tanaman hias yang cantik.  Mereka menyulap limbah menjadi tanaman hias yang cantik dalam waktu 120 menit. Hanya saja semua kegiatan tersebut dilaksanakan di rumah dan mereka mengabadikan prosesnya dengan membuat video tutorial layaknya youtuber. Hal yang sama juga berlaku dengan mata ujian lain, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, Agama dan Seni Budaya. Deddy Setiawan, M.Pd., Waka Kurikulum, menekankan bahwa dalam ujian praktik ini, semua kegiatan dilaksanakan untuk menguji kreativitas siswa. (ria/luluk/erna/sri)