Sulap Rumah Sebagai Wujud Dasa Dharma Pramuka

Kemah Bakti 630 siswa kelas X dan XI SMA Laboratorium UM berlangsung selama 3 hari di Bumi Perkemahan Coban Rondo (20/9). Beragam kegiatan sosialpun digagas. Salah satu diantaranya adalah siswa kelas X IPS 1 dan 2 berhasil menyulap rumah Suwati warga Dusun Sebaluh, Desa Pandesari, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang menjadi lebih indah. Tidak butuh waktu lama, rumah yang semula masih belum berwarna sudah berubah menjadi merah muda yang memberi kesan manis dan fresh.

Menurut ketua pelaksana M. Khabib Saleh, M.Pd. selain pengecatan rumah juga ada pengecatan area posyandu, pembersihan area perkemahan, dan pembagian sembako kepada warga yang membutuhkan. “Semua itu kami lakukan agar tercipta lingkungan yang bersih dan mengenal masyarakat lebih dekat,” tambahnya.

Khabib menjelaskan kemah blok tahun kedua ini merupakan wujud bakti sosial siswa. Yakni melatih siswa peka terhadap orang lain dan bermakna positif bagi warga sekitar. “Kegiatan ini adalah ajang untuk menggodok karakter cinta alam dan kasih sayang sesama manusia yang sesuai dengan dasa dharma kedua pramuka,” jelasnya.

Lebih lanjut Khabib menuturkan setiap kelas menunjukkan kemampuan bakat dan kreativitas mereka dan menampilkannya dalam pentas seni. “Tidak hanya melatih siswa mandiri, memiliki jiwa sosial dan empati, tapi juga mengembangkan kreativitas serta bakat,” terangnya.

Khabib juga menjelaskan, kemah bakti diawali dengan 32 siswa yang tergabung dewan ambalan harus berjalan kaki sejauh 25 km dari Landungsari ke Coban Rondo. Usaha ini sebagai upaya menempuh tanda kecakapan khusus atau lebih dikenal dengan sebutan wings. “Meski terik matahari sangat menyengat tetap tak mematahkan ke-32 anak tersebut,” ungkapnya. (prb/luk/tia/dev/vic)