Teladani Perjuangan Pahlawan Kemerdekaan

Peringatan HUT kemerdekaan Republik Indonesia ke-74 di SMA Laboratorium UM kedatangan tamu istimewa yaitu Bapak Juma’in, veteran perang kemerdekaan (16/8). Dia memaparkan dihadapan siswa-siswi bagaimana para pejuang merebut dan mempertahankan kemerdekaan. “Banyak pahlawan yang gugur dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan, termasuk temen-teman saya,” ungkap kakek 91 tahun asal Bululawang ini. Juma’in juga berpesan agar para siswa tidak lupa dengan jasa para pahlawan dan harus mengisi kemerdekaan dengan hal-hal yang baik.

Hal senada disampaikan Kepala Sekolah Rosdiana Amini, M.Pd pada upacara pengibaran bendera. “Generasi muda harus memiliki kemampuan untuk terus meningkatkan kualitas diri sehingga memiliki daya saing yang tinggi,” jelas Rosdiana mengutip amanat Wali Kota Malang. Hal tersebut sejalan dengan tema HUT RI kali ini, yaitu “SDM Unggul, Indonesia Maju”. Lebih lanjut Rosdiana meminta para siswa sebagai generasi muda penerus bangsa sudah sepatutnya senantiasa meningkatkan SDM berkualitas. Terus belajar dengan sungguh-sungguh. Mengingat Indonesia adalah milik generasi penerus bangsa. “Tunjukkan semangat dan pribadi yang unggul agar Indonesia ke depan lebih makmur,” imbuh Rosdiana.

“Kita juga mengadakan berbagai lomba tujuhbelasan,” terang Waka Kesiswaan M. Khabib Shaleh, M.Pd. Lomba yang masih tetap dilaksanakan seperti tahun-tahun sebelumnya diantaranya lomba balap karung, makan kerupuk, dan pindah belut, karnaval, paduan suara, cerdas cermat dan kebersihan kelas. Yang agak berbeda dalam lomba kebersihan kelas kali ini, kelas boleh dihias dengan berbagai macam hiasan namun tidak boleh menaruh hiasan yang menyebabkan kelas kotor. “Kelas menjadi ruang belajar yang nyaman dan penuh dengan nuansa pengembangan pengetahuan,” tambah Khabib.

Artinya setiap kelas berlomba memunculkan wawasan akademis. Seperti menambah media belajar baik berupa grafik, struktur, artikel maupun gambar yang sudah ditata semenarik mungkin.

Kegiatanpun ditutup dengan pengumuman perlombaan. Kelas XII IPS 1 memperoleh juara umum, menduduki urutan kedua diraih oleh kelas XII MIPA 1, dan kelas XI ICP harus puas pada posisi tiga. (imm/dew/vic/krn)