Telusuri Proyeksi Karir dan Studi Lanjut ke Perguruan Tinggi, SMA Laboratorium UM Gelar Tes Psikologi pada Siswa Baru

Pelaksanaan Tes Psikologi untuk 255 siswa baru digelar selama dua hari berturut-turut, terhitung tanggal 20-21 Juli 2020. Perizinan dari orang tua siswa untuk datang ke sekolah, menyukseskan kegiatan ini. Siswa berdomisili Kota Malang, melaksanakan tes yang terbagi menjadi dua sesi.  Sedangkan siswa dari luar kota, mengikuti secara online. Rosdiana Amini, M.Pd., menjelaskan, tes di sekolah ini tetap menjaga protokol kesehatan dan menerapkan physical distancing. “Tempat duduk siswa sengaja diatur berjauhan agar tidak terjadi kontak fisik satu sama lain,” paparnya.

Rosdiana juga menjelaskan, urgensi tes ini bagi pembelajaran dan pengajaran di sekolah memiliki banyak manfaat. Di antaranya, mengetahui gaya belajar, kepribadian, pilihan karir, dominasi otak, dan softskill (karakter). Sehingga, bermanfaat untuk perkembangan siswa dalam mengoptimalkan potensinya. Berbeda dari tahun sebelumnya, kali ini ke-17 softskill siswa lebih ditonjolkan.

Menjalin kerja sama dengan lembaga Indogetjob Malang, hasil tes ini memberikan gambaran karir dan studi lanjut siswa ke perguruan tinggi. Di sisi lain, membantu guru dalam memahami karakteristik siswa. Bahkan, guru Bimbingan dan Konseling, memanfaatkannya untuk mengarahkan siswa memahami diri dan studi lanjut mereka.

“Hasil tes kali ini lebih akurat, cepat, serta sudah diujicobakan kepada guru,” tutur Dedy Setiawan, M.Pd. selaku Wakasek Kurikulum. Menurutnya, pelaksanaan tes psikologi online lebih simple dibanding model paper test. Pasalnya, model online hanya memakan waktu 90 menit, sedangkan paper test selama 4 jam lamanya.

Sementara itu, Krisna, salah satu peserta tes, mengaku sangat antusias mengikuti tes ini. Meskipun dilaksanakan saat pandemi, dia tetap senang karena dapat bertemu dengan teman sekelasnya mendatang. (sri/ana/tin/dev)