Tes Psikologi Majukan Bakat dan Potensi Siswa

Sebanyak 311 siswa baru mengikuti tes psikologi yang sangat lengkap (11/7). Tidak tanggung-tanggung, 16 macam bidang kecerdasan diungkap dalam tes ini. Diantaranya adalah kemampuan analisa, logika, memori, numeric, konsentrasi, dan motivasi berprestasi. Tidak ketinggalan tes kecerdasan juga menguji kepercayaan diri, adaptasi, kemandirian, kestabilan emosi, serta kreativitas. “Semua informasi ini sangat bermanfaat untuk berkembang siswa dalam mengoptimalkan potensi yang dimiliki,” ungkap Wakasek Kurikulum Deddy Setiawan, M.Pd.

Deddy menegaskan dengan mengetahui tingkat pemahaman siswa, hal ini dapat memudahkan guru dalam memberikan pelajaran dan bimbingan yang lebih intensif pada siswa. Mereka yang menonjol pada satu atau beberapa mata pelajaran tertentu dapat lebih memaksimalkan potensi dan kemampuannya.

Tes Psikologi yang bekerjasama dengan lembaga professional Creativa Surabaya diharapkan juga memberikan gambaran proyeksi studi lanjut ke perguruan tinggi. Mengingat SMA merupakan masa transisi sebelum mereka memasuki dunia kampus atau kerja. Ketika siswa bingung dalam menentukan arah setelah tamat sekolah, tes psikologi dapat membantu guru memberikan wawasan kepada siswa. “Guru BK memanfaatkan hasil tes ini untuk dapat memberikan pengarahan atau masukan kepada siswa tersebut untuk memilih jurusan yang sesuai,” tambah Deddy.

Sementara Ajeng, salah satu siswa, menyampaikan antusiasmenya mengikuti tes psikolog. “Saya ingin mengetahui kemampuan, kecerdasan, bakat, dan minat saya,” ujarnya. (yud/vic)