Try Out Berbasis Komputer Asah Kemampuan Siswa

Try Out Ujian Nasional ketiga siswa kelas XII SMA Laboratorium UM kali ini mulai menggunakan komputer (8/2). Masih ada lagi beberapa latihan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yakni sampai bulan Maret mendatang. Harapannya siswa semakin siap baik secara akademik maupun mental. Wakasek Kurikulum sekaligus Ketua Panitia Deddy Setiawan, M.Pd. menetapkan kebijakan tata tertib yang ketat selama pelaksanaan Try Out. Termasuk setiap buram yang dipakai peserta ujian dikumpulkan kembali untuk menghindari bocor pada sesi berikutnya.  “Walaupun ini hanya try out, kami mengingatkan agar siswa tetap serius mengerjakan semua soal sendiri,” ungkapnya.

Try Out yang berlangsung selama 4 hari diantara tanggal 4 hingga 8 Pebruari 2019 ini menggunakan dua ruang laboratorium TIK yang ada di lantai satu dan tiga. Jadwal ujian terbagi dalam dua sesi, yaitu sesi pertama pukul 07.00-09.00 untuk program International Class Program (ICP) dan IPS. Sesi berikutnya berlangsung mulai pukul 09.15-11.15 untuk kelas IBB dan MIPA. “Kita menyiapkan 145 unit komputer untuk memfasilitasi kegiatan Try Out dan UNBK,” tambah Deddy.

Menurutnya, beragam komentar siswa dalam mengerjakan try out ini. Lailya Syifa dari kelas XII IPS 1 mengungkapkan bahwa ujian dengan sistem CBT ini lebih praktis. “Karena tidak menggunakan kertas, rasanya tenang karena bisa melihat sisa waktu,” kesannya. Dia menambahkan keuntungan lain adalah jika salah menjawab tinggal mengganti dengan klik saja tanpa perlu penghapus. Agita Intan menambahkan juga bahwa ujian dengan sistem komputer tidak perlu ada kegiatan menebali atau mengarsir lingkaran sehingga  waktu lebih efisien. “Tanpa ada rasa khawatir jawaban tidak terbaca oleh mesin scanner sehingga bisa segera fokus ke soal berikutnya,” ujarnya.

Hal yang berbeda disampaikan oleh Tyas dan Aida yang mengeluhkan rasa lelah dan perih di mata karena menatap layar komputer dalam durasi waktu ujian 120 menit. Apalagi mereka merasa deg-degan saat melihat nilai yang langsung tampil. Namun baginya itu lebih baik daripada penasaran menunggu pengumuman nilai. (sri/vic)