Unjuk Kreasi Meriahkan Maulid Nabi

SMA Laboratorium memiliki cara tersendiri untuk memperingati hari Kelahiran Nabi Muhammad SAW (7/12). Siswa ditantang untuk unjuk kreasi dalam beberapa lomba yang diselenggarakan. Kepala sekolah Rosdiana Amini, M.Pd menyampaikan untuk membentuk karakter unggul, siswa perlu mengenal dan meneladani sosok yang mempunyai akhlak unggul yaitu Nabi Besar Muhammad SAW. “Kalian harus fastabiqul khoirot untuk menjadi juara,” pesannya pada saat pembukaan.

Semangat juara dan sportif  pun ditunjukkan dari 30 perwakilan kelas dalam ajang lomba shalawat, da’i dan kaligrafi. Tiga lomba tersebut diselenggarakan di tiga tempat berbeda.

Suara tepukan penonton menyemarakkan tampilan peserta lomba shalawat. Mereka melantunkannya dengan suara merdu bak penyanyi papan atas. “Peserta diminta untuk menunjukkan penampilan terbaik,” ujar juri lomba Istri Setyowati, M. Pd. Dikatakannya mengingat persaingan sangat ketat, peserta harus memenuhi kriteria penilaian yang telah ditentukan meliputi segi vokal, harmonisasi, penampilan, dan penghayatan.

Yang tidak kalah menariknya, lomba lainpun menyita pandangan seluruh warga SMA Laboratorium UM. Sebanyak 56 peserta perwakilan kelas bersaing dalam unjuk bakat menggambar ayat QS. Al-Ahzab:56 Dengan fokus dan tenang mereka menyelesaikannya  selama  2 jam dengan baik.

Sementara di tempat berbeda, peserta dengan style tausiah anak muda berlomba-lomba memikat hati para juri. Hanya dalam waktu 5 menit, mereka berupaya mengemas dengan sangat menarik.  

Kegiatan berakhir dengan pengumuman kejuaraan. Juara I lomba dai diraih oleh Firda Wahyu Kumalasari (XI MIPA 1),  juara II diraih Vyona Dewi Putri (X IBB), dan posisi ketiga diduduki oleh Muhammad Reza Falevi (X MIPA 2). Kategori Kaligrafi, juara I diduduki oleh Zenni Zhezhilia Rachman (X MIPA 2), juara II oleh Bella Adinda P. (XI IPS 2), dan Ananda Putri (X IPS 1) berhasil menduduki posisi ketiga. Sementara kategori lomba shalawat juara I dimenangkan oleh kelas XI IPA 2 , juara II dari kelas X IPA 2 dan posisi ketiga oleh kelas  XI IPA 1. (izz/vic)