“Wali Songo” Sambut Tahun Baru Islam

Barisan pawai siswa SMA Laboratorium UM melintasi jalan Bromo, Semeru, Ijen, dan Kawi menyambut Tahun Baru Islam 1441 H (6/9). Kemeriahan pawai tersebut terlihat dari tulisan motivasi, ucapan tahun baru Islam, hingga ajakan untuk berhijrah. Beberapa kelompok peserta pawai takbir tampak menampilkan suguhan unik seperti kostum hasil rancangan sendiri yang penuh pernik dan warna-warni. Menariknya, salah satu rombongan pawai menampilkan kreativitas dengan memerankan tokoh wali songo dengan kostum dan atribut yang dipakai  hingga terlihat sangat mirip dengan  tokoh yang diperankan masing-masing peserta.

Mereka  tampil dengan kostum jubah dan surban serba putih, mirip karakter tokoh sembilan orang wali jujungan umat Muslim di tanah Jawa. Sebagai penanda, mereka juga mengenakan papan putih dengan foto dan tulisan nama-nama tokoh Walisongo seperti Sunan Ampel, Sunan Bonang, Sunan Kalijogo, dan seterusnya. “Anak-anak kami harapkan mengawali tahun baru dengan kegiatan yang positif dan produktif dan menjadi generasi milennial yang unggul,” ungkap ketua pelaksana Moch. Khabib Shaleh, M.Pd.

Hal senada disampaikan Ustadz Dr. H. Sudirman, S.Ag., M.Ag dalam tabligh akbar. Menurutnya Muharram merupakan peristiwa yang sangat bersejarah bagi umat muslim. Di mana Nabi Muhammad SAW melakukan hijrah dari Mekah ke Madinah atas perintah dan izin Allah SWT. Tujuannya memperbaiki sifat dan sikap umat muslim. Salah satunya melakukan kegiatan yang produktif dan kompetitif dalam kebaikan. “Tahun ini harus lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya,” tambahnya.

Selain lomba pawai, tiap kelas juga mengikuti lomba seni suara berupa nasyid. Yaitu nyanyian yang bercorak Islam dan mengandung kata-kata nasihat, kisah para nabi, atau memuji Allah. Peserta tidak diperkenankan menggunakan alat musik. Lagu wajib yang boleh dinyayikan adalah Tombo Ati, Padang Bulan atau Al I’tiraf.

Sebagai penutup rangkaian acara, lomba pawai Muharram dimenangkan oleh kelas XI IBB sebagai juara 1. Posisi kedua diraih oleh kelas XII IPA 1. Pemenang lomba nasyid diraih oleh kelas XII IPA 1 sebagai juara 1, dan juara 2 ditempati oleh kelas XII IPS 4. (izz/vic/tia)