Warming Up sebagai Pemacu Semangat Belajar Bahasa Inggris

Setiap kali memulai pembelajaran, sesuai dengan job deskripsi, Miss Shannon akan selalu memandu para peserta didik dengan kegiatan warming up. Tujuan dari warming up itu sendiri selain untuk membuat para peserta didik tidak mengantuk, juga untuk membangkitkan semangat peserta didik  untuk belajar bahasa Inggris. Kegiatan itu-pun selalu berbeda di setiap pertemuan. Oleh karena itu, peserta didik selalu antusias dengan kegiatan tersebut yang dipandu langsung oleh Miss Shannon.

Pada materi invitation ini, Miss Shannon mengajak para peserta didik untuk tebak huruf. Para peserta didik diminta untuk menuliskan sebuah kata berawalan huruf secara bergantian. Kelas dibagi menjadi 2 kelompok, kelompok 1 dan kelompok 2. Para peserta didik diminta untuk berdiri berbaris sesuai dengan kelompoknya. Sebelum memulai kegiatan ini, Miss Shannon membagi whiteboard menjadi 2 bagian dengan cara memberi garis  tengah. Bagian kiri untuk kelompok 1 menuliskan kata, sedangkan bagian kanan untuk kelompok 2.

Setelah kedua kelompok siap untuk memulai kegiatan ini, Miss Shannon menuliskan sebuah huruf di tengah-tengah papan. Para peserta didik secara bergantian menuliskan sebuah kata yang berawalan huruf tersebut. Mereka berlomba-lomba agar kelompok mereka mendapatkan lebih banyak kata yang tepat sesuai dengan huruf yang diminta. Semakin lama kegiatan ini semakin seru bahkan beberapa siswa ada yang berniat menuliskan lebih dari satu kata karena mereka merasa bisa menyebutkan lebih dari satu kata. Namun Miss Shannon meminta mereka untuk menuliskan satu kata saja agar semua peserta didik mendapat kesempatan untuk menuliskan jawaban di whiteboard.

Setelah beberapa saat Miss Shannon akan mengganti huruf yang telah ditulis dengan huruf-huruf yang lain. Para peserta didik pun juga akan menuliskan kata sesuai dengan huruf awal yang diminta Miss Shannon. Setelah sekitar 5 menit, Miss Shannon akan meminta peserta didik untuk berhenti menulis. Selanjutnya, Miss Shannon akan menghitung jumlah kata yang diperoleh tiap kelompok dan meminta para peserta didik diminta untuk duduk kembali ke tempat mereka masing-masing.

Di akhir pembelajaran para peserta didik diminta untuk membuat sebuah kartu undangan dengan tema bebas sesuai yang mereka inginkan yang sebelumnya telah dijelaskan aspek apa saja yang harus ada dalam kartu undangan ataupun strukturnya. Tidak lupa guru dan Miss Shannon menyediakan media kertas dan spidol untuk para peserta didik. Peserta didik sangat antusias dalam mengikuti pembelajaran ini terbukti dari hasil karya mereka yang sangat bagus. (bdi)