Wujudkan pribadi mulia melalui MPLSPDB dan MPPP

Matahari pagi yang cerah pada hari Kamis, 20 Juli 2017 menemani kegembiraan peserta didik baru SMA Laboratoium UM tahun pelajaran 2017/2018 dalam perjalanan menuju Hawai Water Park. Meski pada malam sebelumnya mereka harus menginap di lingkungan sekolah dalam mengikuti rangkaian kegiatan MPLSPDB dan MPPP 2017. Wajah lelah mereka terbayar dengan janji manis keseruan Outbond yang akan dilaksanakan di wisata Hawai Water Park, Malang.

MPLSPDB dan MPPP 2017 diselenggarakan dari tanggal 15 Juli 2017 hingga 20 Juli 2017 dengan tema menyiapkan generasi bangsa tanggap dan sigap menghadapi tantangan masa depan serta memiliki kepedulian dan kecakapan sosial yang handal. MPLSPDB 2017 bertekad melayani siswa untuk mengenal lingkungan sekolahnya, tidak diperkenankan adanya praktek perploncoan kakak senior terhadap junior. Yang ada adalah Suasana penuh kekeluargaan, entah itu dengan sesame peserta, peserta dengan panitia, peserta dengan para pemateri.

Pengguntingan pita balon oleh Ibu Rosdiana Amini selaku kepala sekolah pada hari Senin, 17 Juli 2017 diikuti oleh riuh tepuk tangan bapak ibu dewan guru dan karyawan, serta diikuti oleh peserta didik baru 2017 yang melepaskan balonnya masing-masing menandai dimulainya rangkaian kegiatan MPLSDB dan MPPP 2017.

Dalam rangka untuk menyiapkan generasi bangsa yang tanggap dan peduli, salah satu langkah yang ditempuh SMA Laboratorium UM adalah bekerjasama dengan Bhinneka Community atau Bhicom dan instansi-instansi yang terkait dengan pemerintah daerah. Materi kepramukaan yang digelar pada hari Rabu, 19 Juli 2017 bertempat di lingkungan SMA Laboratorium UM diisi oleh Bhinneka Community dengan berbagai macam kegiatan dan pengetahuan kepramukaan melalui 10 Pos yang disebar di lingkungan SMA Laboratorium UM. Diakhir kegiatan, peserta diharapkan telah memilih satu penjurusan pramuka yang disesuaikan dengan minat masing-masing peserta. Hasil yang diperoleh dari 10 jurusan, yang merupakan jurusan dengan peminat terbanyak adalah Brigade Penolong, disusul SCOUT SAR dan Kewirausahaan.

Kegiatan bersama Bhicom dilanjutkan keesokan harinya dengan outbond yang diselenggarakan di Hawai Water Park. Tampak keceriaan peserta didik ketika mengikuti kegiatan outbond yang juga dibagi dalam beberapa pos yaitu, Halang Rintang, Rainbow, Spot Ban, Pipa Bocor, Koreo Air, Isi Galon, Saluran Air, dan Grab Water. Puncaknya adalah ketika peserta menguji adrenalin di wahana tsunami. Bagaimana tidak? Di wahana tsunami mereka diharuskan berhadapan dengan ombak besar buatan yang mampu menyeret tubuh mereka beberapa meter ke tepi maupun tengah pusaran.

Kerjasama yang dilaksanakan oleh SMA Laboratorium UM tidak hanya dengan Bhinneka Community saja, melainkan juga dengan Korem 083, Polsek Klojen, serta dengan Saka Bhayangkara Polres dan Saka Bahari AL. adapun rincian kegiatannya adalah sebagai berikut, kerjasama dengan Korem 083 untuk mengajarkan Baris-Berbaris (PBB) yang benar kepada peserta didik 2017. Kerjasama dengan Polsek Klojen adalah dalam rangka menumbuhkan jiwa yang peka terhadap bahaya pergaulan bebas dan penyalahgunaan obat terlarang. Harapannya adalah agar peserta tidak mudah terpangaruh dan menjadi insan yang kreatif. Kerjasama dengan Saka Bhayangkara bersama Saka Bahari adalah untuk pengetahuan kesakaan.

Tak lupa pula peserta didik baru 2017 dipersiapkan untuk menyongsong tahun ajaran baru 2017/2018 dengan pengenalan program-program sekolah dan budaya sekolah dengan materi-materi yang disampaikan oleh para Waka SMA Laboratorium UM, mulai dari pengenalan program literasi sekolah, sosialisasi kurikulum tentang penerapan Kurikulum 13 di SMA Laboratorium UM, sosialisasi program kesiswaan mulai dari pengenalan tata tertib sekolah, student day, pondok intensif, pondok ramadhan, pembelajaran terintegrasi, dll. Menyusul sosialisasi program Humas seperti global learning dan morning motivation. Terakhir untuk lebih mengenal lingkungan SMA Labortorium UM, maka terdapat sosialisasi dari staf Tata Usaha.

Materi Kepramukaan khusus diberikan pada peserta didik selama 2 hari, yaitu pada Selasa siang, 18 Juli 2017 hingga 19 Juli 2017. Berbagai pengenalan kepramukaan penegak tingkat sekolah menengah atas dilaksanakan pada rentang waktu tersebut. Puncaknya adalah pada saat upacara pelantikan para peserta menjadi anggota pramuka penegak pada dini hari 20 Juli 2017 di lapangan SMA Laboratorium UM. Mengingat bahwa kegiatan kepramukaan menjadi ekstrakurikuler wajib bagi kelas X.

Untuk mengembangkan bakat dan minat peserta didik, sekolah juga menyelenggarakan demo ekstrakurikuler pada hari Selasa, 18 Juli 2017 yang dihadiri hampir semua ekstrakurikuler yang ada di SMA Laboratorium UM. Mulai dari paskibra, jurnalistik, futsal, basket, fotografi, tari, cheer leader, teater, hingga taekwondo. Dengan adanya demo ekstrakurikuler, peserta didik baru 2017 akan memiliki gambaran mengenai ekskul apa yang akan dipilihnya nanti. Tentu saja disesuaikan dengan minat masing-masing peserta.

Secara umum pelaksanaan MPLSPDB dan MPPP 2017 berlangsung tertib dan lancar. Dengan berakhirnya rangkaian kegiatan MPLPDB dan MPPP 2017, maka peserta didik baru siap menyongsong masa depan yang bermartabat bersama SMA Laboratorium UM. Menjadi pribadi yang peduli dan berakhlak mulia sesuai dengan visi dan misi sekolah. Selamat datang dan selamat berkarya di tahun pelajaran 2017/2018!