Dongkrak Ujian Nasional melalui Try Out Berbasis Kisi-Kisi UN

Dalam rangka mengukur tingkat pemahaman peserta didik terhadap materi dan latihan soal yang telah dipelajari selama Jam Pelajaran Tambahan (JPT), SMA Laboratorium UM mengadakan try out sebanyak 2x yakni pada bulan Oktober dan Desember 2017. Pada teknis pelaksanaannya terdapat perbedaaan pada kedua try out ini. Saat try out pertama siswa mengerjakan soal secara berantai untuk mata pelajaran bahasa Indonesia, Matematika, bahasa Inggris, dan Peminatan dalam kurun waktu satu hari. Sedangkan try out kedua diselenggarakan selama 4 hari (4–7 Desember 2017) dengan durasi yang telah disesuaikan dengan Ujian Nasional.

Di samping itu, soal yang diujikan pada try out kedua telah disesuaikan dengan SKL dan berbasis kisi-kisi Ujian Nasional dan meliputi materi kelas X hingga kelas XII. Tingkat kesulitan soal juga bertambah dengan adanya soal HOTS dan materi listening pada mata pelajaran Bahasa Inggris. Tujuannya agar peserta didik terbiasa mengerjakan soal dengan tingkat kesulitan yang sesuai dengan Ujian Nasional. Try out tidak juga menekankan pendidikan karakter utamanya kejujuran melalui kepengawasan yang ketat baik melalui CCTV maupun oleh pengawas ruang. Dengan demikian diperoleh hasil try out yang optimal namun tetap mengedepankan aspek kejujuran.

Sebagai upaya meningkatkan motivasi dan memberikan penghargaan kepada peserta didik yang memperoleh nilai try out tertinggi, sekolah menyediakan reward dalam bentuk piagam serta fresh money. Adapun siswa peraih nilai try out tertinggi adalah Tamara Aurelia Gita Kartika (Program Ilmu Bahasa dan Budaya), Yustina Putri Arianto (Program Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam)  dan Linis Tri Wulandari (Program Ilmu Pengetahuan Sosial).

Berikut tips dan trik sukses dari ketiga peserta didik tersebut.

Tamara,

Ingat sesuatu yang membuat kalian semangat untuk belajar seperti cita-cita atau mimpi dan harapan. Jangan pernah takut gagal. Kegagalan juga penting untuk membangun mental. Sabar dan telaten dalam belajar adalah kunci utama. Terakhir, jangan lupa berdoa dan tawakal kepada Allah SWT. “Work hard in silence, let your success be the noise.”

Yustina,

Hal yang paling utama adalah NIAT. Niat untuk belajar, apapun bisa tercapai jika ada niat. Belajar tidak akan lancar jika tidak ada niat. Mencoba memotivasi/menyemangati diri sendiri agar tidak malas. Beribadah dan berdoa agar selalu diberikan kesuksesan. Bekerja sendiri tidak mencontek. Selalu bersyukur dan bertawakal. Melatih kemampuan sebisa mungkin dan selalu berpikiran positif.

Linis,

Niat belajar dengan sungguh-sungguh. Belajar dengan rutin, tidak hanya menjelang ujian. Penting untuk membuat target nilai agar termotivasi mencapai terget. Membaca, menandai, menulis hal-hal yang penting serta membuat materi/ringkasan pelajaran. Yakin pada kemampuan diri sendiri. Yang tidak kalah penting, berdoa dan meminta restu kepada orang tua.“Keep trying for the best.”