Jurus Jitu SBMPTN

 

Dalam rangka mempersiapkan siswa-siswi kelas XII menghadapi Ujian Nasional dan tes SBMPTN, SMA Laboraturium UM bekerja sama dengan lembaga bimbingan belajar Airlangga memberikan motivasi yang bertajuk jurus jitu sukses SBMPTN (11/1). Kegiatan yang diadakan di lapangan ini diikuti oleh seluruh siswa kelas XII. Mereka sangat antusias mengikuti serangakaian pembahasan sampai akhir.

Dalam paparannya, Grieeny Nuradhy Al, S.Pd, S.Si, menyampaikan untuk bisa sukses, siswa harus mampu mengenali bakat minat. Salah satunya adalah mengenal karaketer dari 4 warna favorit. Warna merah menunjukkan karakter yang berani, disiplin, suka tantangan. Hitam mewakili karakter yang religious dan misterius. Hijau untuk mereka yang romantis dan naturalis. Warna biru memiliki kesan kejernihan dan lembut, seperti air yang mengalir.

Jurus jitu yang kedua, siswa harus mengetahui passing grade. Setiap jurusan di Perguruan Tinggi memiliki grade yang berbeda. Pemateri juga menjelaskan tentang  SNMPTN, SBMPTN, serta jalur mandiri. Siswa diberikan gambaran tentang prosentase banyaknya peminat dan siswa yang lulus SNMPTN.

Selain itu, tes sidik jari bermanfaat untuk mengenali potensi dan bakat minat serta tipe gaya belajar. Melalui tes sidik jari, bisa diketahui tipe belajar yang dimiliki. Adapun tipe gaya belajar bisa dikelompokkan pada visual, audio, kinestesis, ataupun multiple intelligent.

Acara semakin menarik dengan permainan magical number. Pemateri berinteraksi dengan siswa di depan podium. Perwakilan siswa yang maju silih berganti dengan pemateri menyebutkan deretan bilangan hingga 20 disertai dangan pemberian doorprize. Yang tidak kalah serunya, siswa dibekali dengan trik singkat menjawab soal-soal SBMPTN baik pada soal sebab akibat maupun pada soal TPA.