Kembangkan Semangat Demokrasi dalam Mustegak 2021

Sebagai bagian tak terpisahkan dari pendidikan nasional, kegiatan kepramukaan di SMA Laboratorium UM rutin dalam membina siswa untuk mencapai  potensi sosial, spiritual, fisik, dan intelektual generasi muda.  Selain itu, kegiatan Pramuka  mendidik sifat mandiri, disiplin, dan bertanggung jawab pada diri siswa. Sementara itu, dalam hal pendidikan demokrasi, Musyawarah Penegak atau Mustegak menjadi wadahnya. Implementasi pendidikan demokrasi ini dibuktikan dengan dilaksanakannya Musyawarah Penegak (Mustegak) pada Sabtu, 6 November 2021, oleh “Raden Wijaya – Indraswari” Gugus Depan 01803-01804 SMA Laboratorium UM.

Kegiatan ini  merupakan media pendidikan yang memberikan pengalaman langsung kepada para penegak untuk menerapkan prinsip-prinsip demokrasi, musyawarah untuk mufakat, menggunakan hak suara dan hak bicara secara sopan, efektif dan argumentatif, juga prinsip-prinsip pengambilan keputusan demokrasi transparan.

“Tetap semangat walaupun di era pandemi, jadilah Pramuka sejati, persiapkan diri untuk menjadi pemimpin masa depan”, kata Moch. Khabib Shaleh, Mabigus Gugus Depan 01803-01804, saat menyemangati pembukaan Mustegak.  Acara pembukaan ini dihadiri oleh  pembina ekstra Pramuka, jajaran pelatih dari Kwartir Cabang Pramuka Kota Malang, dan  Wakil Kepala Sekolah urusan kesiswaan.

Kegiatan Mustegak diawali dengan upacara pembukaan oleh Mabigus sebagai pembina upacara, kemudian dilanjutkan dengan sidang, laporan pertanggungjawaban oleh Eryna, Ketua Umum Dewan Ambalan “Raden Wijaya – Indraswari”, Gudep 01803-01804 SMA Laboratorium UM periode 2020/2021. Setelah melampaui tanya jawab yang alot, laporan pertanggungjawaban bisa diterima. Pada Sidang Komisi, peserta dibagi menjadi beberapa komisi bidang yaitu bidang Rumah Tangga, Sangga Inti, Humas, dan Peminatan. Ada debat pendapat dalam upaya mempertahankan usulan kegiatan dan kemudian di selesaikan dengan sidang pleno penetapan program kerja yang akan dilaksanakan oleh Dewan Ambalan periode 2021/2022 mendatang. Agenda berikutnya, Tim Formatur yang di ketuai oleh Jawadil, melanjutkan dengan sidang pemilihan pengurus harian dan anggota komisi di Dewan Ambalan. Kemudian, para calon pemimpin dewan ambalan di persilahkan memaparkan visi dan misi, dan suara terbanyak diperoleh oleh Chintia Anastasia sebagai Ketua Umum, Akbar Abimanyu, Pradana Putra, dan Caroline Putri H., sebagai Pradana Putri.

Kegiatan Mustegak masih dilanjutkan pada hari Minggu, 7 November 2021, di awali dengan kegiatan ibadah dan bersih diri, senam pagi bersama di lapangan tengah SMA Laboratorium UM, kegiatan selanjutnya adalah Gladi Bersih Upacara Pembukaan dan Diklat Kepramukaan yang bisa dilihat secara langsung  melalui media daring.

Materi diklat berisi tentang bagaimana kegiatan kepramukaan di tingkat penegak yang disampaikan oleh Kak Yudi Santoso, pelatih dari Kwarcab Kota Malang, ada juga materi bedah SKU, disampaikan oleh Kak Evi, pamong Saka Bahari, yang juga pelatih serta Andalan Kwarcab Kota Malang, dan yang terbaru  materi Membuat Konten Creative, yang di sampaikan Kak Fais Baysuni, materi ini diberikan sebagai tuntutan perkembangan teknologi karena Pramuka juga harus membangun masyarakat, dengan bermedsos secara arif dan bijaksana, mampu membuat konten kreatif sesuai dengan kode etik gerakan Pramuka yang terkait  dengan nilai–nilai kepramukaan.  (gik/sri)