Lomba Poster AKM, Tajuk Opini dan Video Opini Sambut Merdeka Belajar

SMA Laboratorium UM menggelar Lomba Poster AKM, Tajuk Opini, dan Video Opini dalam Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas). Kegiatan ini mengambil tema “Serentak Bergerak, Wujudkan Merdeka Belajar”, yang dilaksanakan pada 20 dan 21 Mei 2021.  “Kegiatan Hardiknas tahun ini juga bersamaan dengan peringatan hari Harkitnas tanggal 20 Mei 2021, kehadiran dua momen besar dalam pendidikan Indonesia ini harus dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya khususnya bagi siswa SMA Laboratorium UM yang kini berada dalam kondisi pandemi”, ungkap Rosdiana Amini, M.Pd, Kepala SMA Laboratorium UM.

Menurut Rosdiana, ketiga mata lomba tersebut diikuti oleh 256 siswa kelas X dan 310 siswa kelas XI. Para peserta lomba mengeksplorasi 4 program pemerintah tentang penyelenggaraan USBN sebagai uji kompetensi siswa yang bisa dilakukan dengan cara ujian tertulis maupun penilaian lain yang lebih komprehensif; Penghapusan Ujian Nasional (UN) di tahun 2021 dan diganti dengan Asesmen Kompetensi Minimun (AKM)  dan Survei Karakter; Menyederhanakan atau memangkas sejumlah komponen Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP); dan Peraturan PPDB Zonasi digunakan dengan kebijakan yang lebih fleksibel untuk mengakomodasi ketimpangan akses dan kualitas di berbagai daerah.

Antusiasme peserta nampak dari hasil karya yang sangat menarik dan berkualitas, dengan pemenang terbaik untuk lomba Poster AKM, Isma T.S  (X IPA 5). Kemudian untuk lomba Tajuk Opini dimenangkan oleh Adelia (X IPA 5), dan lomba Video Opini diraih Nizam (XI IPS 4). “Karya anak-anak menunjukkan bahwa siswa SMA Laboratorium UM adalah anak-anak yang berbakat dan bertalenta”, puji Moch. Khabib Shaleh, Waka Kesiswaan. (dio/sri)