Pondok Intensif Jaman Now

Suasana hening dan sunyi pada malam hari, tidak membuat lenyap suasana kegiatan pelatihan shalat khusyu’. Peserta pondok intensif yang sedang melaksanakan kegiatan selama 3 hari di pondok pesantren Darussalam Lawang ini, sangat menikmati materi yang disampaikan oleh Ustadz sukanan. Shalat khusyu’ adalah salah satu tanda bahwa amalan ibadah seperti shalat bisa diterima oleh Allah.

Kegiatan ini harus ditempuh oleh siswa muslim kelas XI. Wakasek Kesiswaaan, M. Habib Shaleh, M.Pd, menyampaikan  kegiatan pondok pada tanggal 4-6 Desember 2017 ini tidak banyak sekolah yang mengadakan.  Peserta pondok dibekali materi agama dari para ahli seperti materi thaharah yang dikupas oleh ustadz sekaligus doker, Habib Mustofa, dari segi agama dan sains. Selain itu juga materi Aswaja dan keindonesiaan yang diberikan oleh KI Ardi seorang yang ahli dalam bidang yang berkaitan dengan isu-isu kontemporer saat ini.

Yang menarik dalam kegiatan pondok intensif ini, adalah tidak semua kegiatan yang diikuti peserta selama di pondok dilakukan secara klasikal seperti pada umumnya pondok pesantren. Karena pada hari pertama peserta mendapat materi secara bersama-sama dalam forum, materi tersebut disampaikan oleh masing-masing pemateri dengan bahasa dan gaya jaman now dan diakhiri dengan diskusi. sehingga peserta tidak hanya menjadi objek pada kegiatan pondok intensif tersebut.

Kebiasaan yang terjadi di pondok yang menjadi pengalaman pribadi akan benar-benar dirasakan oleh peserta yang mengikuti pondok intensif, mereka merasakan bagaimana tidur harus berbagi dengan teman yang lain dengan fasilitas sederhana, makan dan mandi harus mengantri dulu, bangun pagi, shalat qiyamul lail, dan materi fikih, tauhid, akidah-akhlak dan tarikh secara klasikal yang mereka terima dari ustadz/ustadzah. Pengalaman ini yang mereka tidak temukan pada proses pembelajaran di sekolah. Target kegiatan selain pengalaman yang mereka terima secara mandiri juga ada target hafalan surat yang harus mereka penuhi selama mengikuti pondok intensif.